PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ADMNISTRASI SISTEM JARINGAN SISWA SMKN 7 JAKARTA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p8-17

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru dapat menggunakan variasi model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di dalam kelas dan mampu menumbuhkan kemandirian belajar siswa sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar tehadap hasil belajar administrasi sistem jaringan siswa di SMKN 7 Jakarta.. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain faktorial 2x2. Instrumen untuk mengumpulkan data hasil belajar adalah tes essay dan untuk mengumpulkan data kemandirian belajar adalah kuesioner. Hasil uji anava nilai F=5,035 untuk model pembelajaran dan nilai F=8,091 untuk interaksi. Serta hasil Uji Tukey nilai Signifikansi 0,966, hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan Project Based Learning pada siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan nilai Signifikansi 0,005, hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan Project Based Learning pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Kesimpulan dari penelitian ini rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model Project Based Learning lebih tinggi dari model Problem Based Learning; adanya interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar dan pengaruhnya terhadap pencapaian hasil belajar; nilai rata-rata hasil belajar bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari model Project Based Learning; dan rata-rata hasil belajar bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah yang belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih rendah dari model Project Based Learning

Author Biography

Iwan Supriyantoko, Universitas Negeri Jakarta

Fakultas Teknik

References

<table width="100%" border="0" cellpadding="0"><tbody><tr><td valign="top" width="1%"><p>[1]</p></td><td valign="top"><p>Soenarto and Purnawan, "Pengaruh metode kooperatif TGT dan NHT terhadap prestasi dan kepuasan pembelajaran kelistrikan otomotif di SMK," <em>Jurnal Pendidikan Vokasi, </em>vol. V, no. 1, pp. 27-41, 2015.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[2]</p></td><td valign="top"><p>A. R. Syahrul and A. Musrifa, "Pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 1 Pariangan," <em>Journal of Economic and Economic Education (ECONOMICA), </em>vol. IV, no. 2, pp. 227-232, 2016.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[3]</p></td><td valign="top"><p>Ngalimun, Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Parama Ilmu, 2017, p. 173.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[4]</p></td><td valign="top"><p>D. J. Priansa, Pengembangan Strategi &amp; model pembelajaran, Bandung: Pusaka Setia, 2017, p. 87.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[5]</p></td><td valign="top"><p>A. Paolini, "Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes," <em>The Journal of Effective Teaching, </em>vol. 15, no. 1, pp. 20-33, 2015.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[6]</p></td><td valign="top"><p>Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Press, 2014, p. 28.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[7]</p></td><td valign="top"><p>N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014, p. 3.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[8]</p></td><td valign="top"><p>Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[9]</p></td><td valign="top"><p>Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016, p. 110.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[10]</p></td><td valign="top"><p>M. S. Sumantri, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Press, 2015, p. 2.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[11]</p></td><td valign="top"><p>S. Amri, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013, p. 4.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[12]</p></td><td valign="top"><p>J. Maker, R. Zimmerman, A. Alhusaini and R. Pease, "Real Engagement in Active Problem Solving (REAPS): An evidence based model that meets content, process, product, and learning environment principles recommended for gifted students," <em>The New Zealand Journal of Gifted Education,, </em>vol. 19, no. 1, pp. 7-30, 2015.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[13]</p></td><td valign="top"><p>E. H. Yew and K. Goh, "Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning," <em>Health Professions Education, </em>no. 2, pp. 75-79, 2016.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[14]</p></td><td valign="top"><p>R. A. Sani, Pembelajaran saintific untuk implementasi kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara, 2015, p. 13.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[15]</p></td><td valign="top"><p>S. Harapit, "Peranan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa," <em>Jurnal Pendidikan Tambusai, </em>vol. II, no. 4, pp. 912-917, 2018.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[16]</p></td><td valign="top"><p>Rusmono, Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu, Bogor: Ghalia Indonesia, 2017, p. 82.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[17]</p></td><td valign="top"><p>F. Kimsesiz, E. Dolgusoz and M. Y. Konca, "The Effect of Project Based Learning in Teaching EFL Vocabulary to Young Learners of English: The Case of Pre-school Children," <em>International Journal of Languages Education and Teaching, </em>vol. V, no. 4, pp. 426-439, 2017.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[18]</p></td><td valign="top"><p>E. Kosasih, Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Yrama Widya, 2014.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[19]</p></td><td valign="top"><p>M. Faturrahman, Model-model Pembelajaran Inovatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[20]</p></td><td valign="top"><p>H. Mudjiman, Manajemen Pelatihan Berbasis belajar Mandiri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011, p. 1.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[21]</p></td><td valign="top"><p>H. Suhendri and T. Mardalena, "Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar," <em>Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA FORMATIF, </em>vol. III, no. 2, pp. 105-114, 2013.</p></td></tr><tr><td valign="top" width="1%"><p>[22]</p></td><td valign="top"><p>P. W. Conradie, "Supporting Self-Directed Learning by Connectivism and Personal Learning Environments," <em>International Journal of Information and Education Technology, </em>vol. 4, no. 3, pp. 254-259, 2014.</p></td></tr></tbody></table>

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 328 , PDF Downloads: 915