PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Octaverina Kecvara Pritasari Universitas Negeri Surabaya
  • Biyan Yesi Wilujeng Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18

Abstract

ABSTRAK

     Jenis penelitian ini adalah classroom research dengan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD pada mata kuliah pangkas rambut dasar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ob-servasi, tes tertulis dan performance assessment. Hasil refleksi dan evaluasi pada siklus I,  perlu dilakukan    perubahan pada rencana tindakan pada siklus 2. Hasil refleksi dan evaluasi pada siklus 2 adalah observasi aktifitas dosen atau keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata penilaian sangat baik (3,80) dari kedua observer, jadi dapat dikatakan memenuhi kriteria keberhasilan. Hasil belajar pengetahuan 77,78% tuntas. Hasil belajar keterampilan 77,78% tuntas, Berdasarkan hasil pada siklus 2 diperoleh peningkatan hasil dari siklus I. Jadi, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Rias dan direkomndasikan untuk dapat digunakan untuk mata kuliah yang lain..

                                                                                                                 

Kata Kunci: model pembelajaran, STAD, Pangkas rambut, hasil belajar.

 

ABSTRACT

This type of research is classroom action research with STAD type cooperative learning model on the women hairs cut course. The research instrument used in this study was observation, written test and performance assessment. The results of reflection and evaluation in cycle I, need to be made changes to the action plan in cycle 2.)) of two observers, so that it can be said to meet the criteria for success. 77.78% knowledge learning outcomes are complete. The results of 77.78% learning skills are complete, based on the results in cycle 2, obtained in the results of cycle I. So, the use of STAD type learning meth-ods can improve the learning activities and completeness of students from the S1 Fashion Study Program and recommend-ed for use in other courses.

                                                                                                 

Keywords: learning model, STAD, Haircut, learning outcomes.

Author Biographies

Octaverina Kecvara Pritasari, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Tata Rias

Biyan Yesi Wilujeng, Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Tata Rias

References

[1] Arini Tri, Agustini Dwi 2018. Model pembelajaran student team achievement division (stad) dan mod-el pembelajaran teams games tournament (tgt): dampak terhadap hasilbelajar fisika, Science and Phys-ics Education Journal (SPEJ) Volume 1, No 2, Juni

[2] Kalim Nur, Andriani Siti, 2013. Model pembelajaran kooperatif Stad Dalam meningkatkan Hasil bela-jar matematika (Cooperative learning model Stad to improve mathematics Result), Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI SidoarjoVol.1, No.1,April 2013ISSN: 2337-81

[3] Munawaroh, 2013. The Effect of Type Stad Cooperative Learning Model, the Way of Learning, And Learning Motivation toward Enterpreneurial Attitudes (A case Study in SMK I Jombang). e-IOSR Jour-nal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) ISSN:23207388,p-ISSN: 2320737X Volume 3,Issue 5 (Nov. Dec. 2013), PP 38-44

[4] Michael, 2012. The Effects of the STAD-Cooperative Learning Method on Student Achievement, Atti-tude and Motivation in Economics Education, J Soc Sci, 33(2): 261-270

[5] Nur, M. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif,Dilengkapi Contoh Perangkat RPP Keterampilan Ber-pikir dan Berperilaku Karakter. Surabaya: Pusat Sains Dan Matematika Universitas Negeri Surabaya

[6] Olinan Rosalia Marselina, sujatmika sigit 2017, Pengaruh stad Terhadap Hasil belajar ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Natural:Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, Volume 4 no 2 Bulan September 2017. ISSN. 2355-0813

[7] Puger I gusti Ngurah, 2011. Pengembangan program mengenai aplikasi metode pembelajaran kooperat-if model jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar biologi siswa sekolah menengah pertama (smp) widyatech jurnal sains dan teknologi vol. 11 no. 1 agustus

[8] Pujiati Irma, 2008. Peningkatan motivasi dan ketuntasan belajar Matematika melalui pembelajaran Kooperatif tipe stad. Khazanah pendidikan: Jurnal ilmiah kependidikan vol. I, no. 1 (september 2008)

[9] Rusman. Model-Model Pembelajaran. Bandung, Indonesia, 2011: Rajawali Pers

[10] Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

[11] Slavin, Robert E (2005) Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (Alih Bahasa: Narulita Yusron) Bandung: Nusa Media

[12] Wahyudi, Endah Bekti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Per-samaan Dan Pertidaksamaan Kuadrat Pada Peserta Didik Kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK 45 Wonosari. Skripsi tidak dipubliksikan: UNY

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Pritasari, O. K., & Wilujeng, B. Y. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(1), 14–18. https://doi.org/10.26740/jvte.v2n1.p14-18

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1336 , PDF Downloads: 480