PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN EDUBLOGS

Authors

  • Meini Sondang Sumbawati Universita Negeri Surabaya
  • Hajar Nopin Artika Universita Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v1n2.p27-36

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan mengungkapkan pendapat merupakan hal yang perlu dimiliki oleh peserta didik, baik mengungkapkan pendapat secara lisan maupun tulisan. Kemampuan mengungkapkan pendapat juga dapat membuat peserta didik aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Think Talk Write adalah tipe pembelajaran yang melalui tiga tahapan belajar yaitu berpikir, berbicara (komunikasi), dan menulis Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan dengan media edublogs. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sistem komputer antara sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan edublogs, mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan, serta untuk mengetahui kelayakan media edublogs. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui studi literatur, wawancara dan kuisioner atau angket.  Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pre-experimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design, dengan penerapan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalalah analisis instrumen pembelajaran (RPP, butir soal, modul, angket respon, media). Untuk analisis hasil belajar menggunakan analis awal yaitu uji normalitas dan  uji Paired sample T-Test. Untuk mengukur respon peserta didik menggunakan angket respon. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X pada SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo jurusan Teknik Informatika.Berdasarkan hasil validasi dari para ahli perangkat pembelajaran RPP memperoleh persentase 91%, validasi butir soal memperoleh persentase 90,83%, validasi modul pembelajaran memperoleh persentase 90,83%, validasi angket respon peserta didik mendapatkan persentase 85,60%, dan validasi media pembelajaran edublogs mendapatkan persentase 90%. Keseluruhan perangkat yang divalidasi termasuk dalam kategori sangat layak.Hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji Paired Sample T-test menunjukkan hasil 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran metode kooperatif tipe Think Talk Write. Sesuai dengan perhitungan angket respon yang telah diberikan kepada peserta didik memperoleh hasil 72,20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki respon positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbatuan Edublogs.

 

Kata Kunci: Edublogs, Respon,Think Talk Write

 

ABSTRACT

The ability to express opinions is a must-have for learners, whether expressed orally or written opinions. The ability to express opinions can also make learners active in teaching and learning activities. Think Talk Write was learning model which has begun from the activity of thingking, talking (communicating), and writing.This study aims to apply Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs. This study was used determine student learning outcomes on computer system between before and after the application of Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs, knowing student response to this study, and to knowing media viability. Data collection techniques in this study are literature studies, interviews and questionnaires, and . The method used in this study is the Pre-Experimental Design with types One-group pretest-posttest design with the application of pretest and posttest. Analysis of data is used an anysis of learning instruments (Lesson plans, question items, modules, reponse questionnaires, and media). Anaysis of learning outcomes using the normality test and paired sample T-test. Student responses using a quistionnaire response. The population in this study were student of X 2 Buduran  Sidoarjo State Vocational High School majoring in Informatics Engineering. Based on the validation of the expert, the result were lesson plan gets a percentage 91%, question item gets a percentage 90,83%, learning module gets a percentage 90,83%, student responses questionnaire gets a percentage 85,60%, and media gets a percentage 90%. All the validated item are included in the very feasible category.The results of the analysis by Paired Sample T-test are 0.000. This significance score obtained under 0.05, so it conclude there are differences in student learning outcome betweem before and after the application of Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs. The calculation of the questionnaire responses have been given to student get result 72.20%. So, it can be concluded students have a positive response to Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs.

 

Keywords: Edublogs, Respon, Think Talk Write

References

[1] Nurlaela. Luthfiyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada Kompetensi Dasar Bumbu dan Rempah untuk Meningkatka Hasil Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 4 Madiun. Jurnal Boga 1-10.
[2] Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
[3] Wahono, Agung. 2017. Penerapan Edmodo Untuk Model Cooperative Learnig Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
[4] Yamin, M., dan Ansari, B. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Peserta didik. Ciputat: Referensi (GP Press Group).
[5] Indahnyanti, Rizka. 2017. Think Talk Write Toward Student Writing Ability. Journal of Language Teaching and Literature. Vol 4 No.2 pp 139-150.
[6] Nurrohmah, Fitri. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Sswa dan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Kompetensi Dasar Bipolar Junction Transistor Kelas X-TAV di SMKN 1 Nganjuk. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
[7] Wirda dkk. 2017. The Effect of Think Talk Write (TTW) Learning Method on The Creative Thingking Ability Of The Students at Primary School (SD) No. 060856 Medan Indonesia. Journal of Education. Vol. 5 No 11 pp 23-39.
[8] Dewayani, Dian Ayu. 2016. Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Pemecahan Soal Cerita Bilangan Bulat Matematika Peserta didik Tunarunggu. Skripsi. Tdiak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
[9] Antasari. 2003. Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Bandung: Bumi Aksara.
[10] Nandhita, Asrie. 2012. Bikin Blog dari Nol Hingga Populer. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.
[11] Sjariani, Ririn. 2011. Web 2.0: Panduan Bagi Para Pendidik. Jakarta: PT Indeks.
[12] Sidek, Emelia A Rahman dan Melor Md Yunus. 2012. Student Experience on Using Blog as Learning Journals. Social and Behavioral Journal 135-143. Surabaya.
[13] Kathpalia, Sujata S & Eng Kiat See. 2016. Improving Argumentation through Student Blog. Journal System. 2336
[14] Cakir, Hasan. 2013. Use of Blog in Pre-Service Teacher Education to Improve Student Engagement. Journal Computer and Education. 244-252 Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
[15] Kustijono, Rudi. 2012. Pembelajaran Berbasis Inquiri Melali Pengembangan Blog Pembelajaran Fisika dalam Mata Kuliah Multimedia. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Surabaya
[16] Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Penerbit Alfabeta.
[17] Susanto, Joko. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Promary Educatioal 1(2). ISSN 2252 6404.
[18] Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2019-10-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 335 , PDF Downloads: 654