RESTRUKTURISASI KURIKULUM PROGRAM STUDI D3 TEKNIK LISTRIK FAKULTAS TEKNIK UNESA SURABAYA

Authors

  • Rifqi Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Rijanto Universitas Negeri Surabaya
  • Mahendra Widyartono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v1n2.p1-10

Abstract

ABSTRAK

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia adalah salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor SDM melalui pencapaian kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan  restrukturisasi kurikulum dan menghasilkan kurikulum Program Studi D3 Teknik Listrik Fakultas Teknik Unesa berbasis Standart Nasional Dikti (SN-Dikti) dan Kerangka Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian dilakukan semester gasal tahun akademik 2018/2019. Langkah restrukturisasi dilakukan melalui 1) perumusan profil lulusan berdasarkan analisis SWOT dan tracer study, 2) perumusan learning outcome (capaian pembelajaran) program studi mengacu pada KKNI dan SN-Dikti, 3) perumusan bidang kajian dan kedalaman mata kuliah, 4) penyusunan struktur kurikulum dan silabus ke dalam dokumen kurikulum, dan 5) hasil penyusunan kurikulum selanjutnya dilakukan FGD guna memperoleh masukan yang lebih banyak untuk digunakan sebagai bahan penyempurnaan. Teknik analisis data menggunakan SWOT Analisis.

                                                                                                                 

Kata Kunci: restrukturisasi, kurikulum, SN-Dikti, KKNI.

 

ABSTRACT

Indonesian Qualifications Framework is one of the national references to improving the quality and competitiveness of the Indonesian people in the HR sector through the achievement of the qualifications of Indonesian human resources produced by the education system and national job training system, as well as the equivalence learning achievement system. This study aims to restructure the curriculum and produce the curriculum of the Electrical Engineering D3 Study Program Faculty of Engineering UNESA based on National Higher Education Standards (SN-Dikti) and Indonesian Qualifications Framework (KKNI). The study was conducted on odd semester of 2018/2019 academic year. Restructuring steps are carried out through 1) formulation of graduate profiles based on SWOT analysis and tracer study, 2) formulation of learning outcomes (learning outcomes) study programs referring to KKNI and SN-Dikti, 3) formulation of study fields and depth of courses, 4) preparation the structure of the curriculum and syllabus into curriculum documents, and 5) the results of the curricula compilation were then carried out by FGD in order to obtain more input for use as a refining material. Data analysis techniques use SWOT Analysis.

                                                                                                 

Keywords: restructuring, curriculum, SN-Dikti, KKNI..

Author Biographies

Rifqi Firmansyah, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Elektro

Tri Rijanto, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Elektro

Mahendra Widyartono, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Elektro

References

[1] Nurwardani Paristiyanti, dkk. (2016). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi Kemen-terian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kema-hasiswaan, Direktorat Pembelajaran.
[2] Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Re-publik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015. Jakarta, Jakarta, Indonesia: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
[3] Stufflebeam, D. L. (1971). The Relevance of the CIPP Evaluation Model for Educational Accountability. Ohio UAS: Ohio State University, Columbus. Evaluation Center.
[4] Suryosubroto, B, Tatalaksana Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
[5] Inglis, Alexander James, Principle of Secondary Education. Assistant Professor of Education, Har-vard University Houghton Mifflin Company Boston New York Chicago didownload dari http://scholarcommons.usf.edu/etd, 2010.
[6] Daulay, Haidar Putra, (2007). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia, Jakar-ta: Kencana.
[7] Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
[8] Undang-undang Republik Indonesia. Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
[9] Olivia Fachrunnisa, (2015) Kampus Wajib Terapkan KKNI .http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id.
[10] Fachrunnisa, Olivia, Kampus Wajib Terapkan KKNI http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id. diunduh Kamis, 04 Nopember 2017.

Downloads

Published

2019-10-01

Issue

Section

Articles
Abstract View: 169