MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI MENGGUNAKAN SOFTWARE FUNCTION ANALYZER PADA MATA KULIAH MATEMATIKA TERAPAN

Authors

  • Tri Hartutuk Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v1n1.p12-20

Abstract

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada pokok bahasan Fungsi Menggunakan Software Function Analyzer ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui penggunaan sofware pada mata kuliah Matematika Terapanmahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilakukan menggunakan model spiral Stephen Kemmis dan Robin McTaggart yang terdiri dari beberapa siklus. Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin yang menempuh mata kuliah Matematika Terapan pada semester gasal tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah 17 mahasiswa. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan penilaian  hasil tes formatif. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan pembelajaran Matematika Terapan materi Fungsi menggunakan media sofware Function Analyzer dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari adanya peningkatan penilaian tes formatif pada tiap siklus, yaitu siklus I sebesar 56,17, siklus II sebesar 69,41 dan siklus III sebesar 81,17. Berdasarkan pengolahan data, penerapan pembelajaran Matematika Teknik menggunakan media sofware memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (17%), siklus II (52%) dan siklus III (94%).

          

Kata Kunci: Sofware Function Analyzer, Nilai, Tes Formatif

 

ABSTRACT

Classroom action research carried out on the subject of Functions Using the Function Analyzer Software aims to improve students' understanding through the use of software in the D3 Applied Mathematics Mathematics Engineering student course at the Surabaya State University (UNESA). Class action research was conducted using a spiral model of Stephen Kemmis and Robin McTaggart consisting of several cycles. This study uses two cycles where each cycle consists of one meeting. Each cycle has four stages, namely planning (plan), implementation (act), observation (Observe) and reflection (reflect). The research subjects were students of Mechanical Engineering D3 who took the Applied Mathematics course in the odd semester of the 2013/2014 academic year with a total of 17 students. In this study data collection was carried out by evaluating the results of formative tests. Based on the results of data analysis, the application of material Applied Mathematics learning Function using the Media Function Analyzer media can improve student learning outcomes from an increase in formative test assessment in each cycle, namely cycle I of 56.17, cycle II of 69.41 and cycle III of 81 , 17. Based on data processing, the application of Mathematics learning Techniques using software media has a positive impact on improving student learning achievement which is characterized by an increase in student learning completeness in each cycle, namely cycle I (17%), cycle II (52%) and cycle III (94% )

 

Keywords: Software Function Analyzer, Value, Formative Test

References

[1] Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
[2] Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] Arends, R.I. 2010. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Inc.
[4] Depdiknas. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
[5] Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Standar proses dan Panduan Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Jakarta: Depdiknas, Depag, KPN, KTI, DBE, USAID.
[6] Ekawarna. 2013 Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Referensi
[7] Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[8] Ibrahim, M. 2005. Asessment Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press
[9] Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[10] Slameto. 1995. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
[11] Sudjana, Nana dan Rifai, Ahmad. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
[12] Sudjana dan Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
[13] Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kesatu. Yogyakarta: Depdikbud.
[14] Trianto, 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
[15] Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah IBRD LOAN NO. 3979 IND.

Downloads

Published

2019-03-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 251 , PDF Downloads: 450