MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DAN SOFTWARE CIRCUIT WIZARD

Authors

  • Yulia Fransisca

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v1n1.p7-11

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Software Circuit Wizard dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah rangkaian listrik 1. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan padaProgram Studi Pendidikan Teknik Elektro yang memprogramkan mata kuliah Rangkaian Listrik I yang berjumlah 27 orang. Pada Siklus I skor minimal siswa 40, skor maksimal 85,  rata-rata skor yang dicapai mahasiswa adalah 62, 96 dan standar deviasi 13,46; Sehingga dapat dikatakan bahwa perlu perbaikan pada model pembelajarannya. Pada siklus II skor minimal siswa 55, skor maksimal 90, nilai rata-rata siswa 77,96 dan standar deviasi 8,35. Dengan melihat fakta diatas perlu dilakukan penelitian ke siklus selanjutnya untuk memperbaiki kekurangan pada siklus II. Pada siklus III skor minimal 85, skor maksimal 95, nilai rata-rata mahasiswa 88,33 dan standar deviasi 3,92. Berdasarkan data diatas diketahui bahwa materi dapat diterima dengan baik sehingga hasil belajar meningkat.

              

Kata Kunci: Direct Instruction, PTK, Circuit Wizard

 

ABSTRACT

This study aims to determine the use of Direct Instruction Learning Model and Circuit Wizard Software to improve student learning outcomes in electrical circuit courses 1. This research is a Class Action Research (CAR) with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Classroom Action Research was carried out in the Electrical Engineering Education Study Program which programed 27 Electrical Circuits courses totaling 27 people. In Cycle I the minimum score of students is 40, the maximum score is 85, the average score achieved by students is 62, 96 and the standard deviation is 13.46; So that it can be said that it needs improvement in the learning model. In the second cycle the minimum score of students is 55, the maximum score is 90, the average score of students is 77.96 and the standard deviation is 8.35. By looking at the facts above it is necessary to do research into the next cycle to correct deficiencies in the second cycle. In the third cycle, the minimum score was 85, the maximum score was 95, the average student score was 88.33 and the standard deviation was 3.92. Based on the above data it is known that the material can be well received so that learning outcomes increase.

 

Keywords: Direct Instruction, Classroom Action Research, Circuit Wizard

References

[1] Arends, R.I. (2008). Learning to Teach: Belajar Untuk Mengajar Jilid I Edisi Ketujuh. (Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku Asli diterbitkan oleh McGraw Hill Companies, New York pada tahun 2007).
[2] Indrawati. 2005. Model Pembelajaran Langsung. Bandung. PPPG IPA Departemen Pendidikan Nasional
[3] Nur, M. 2011. Model Pengajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya
[4] Sanjaya, Wina 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada media Grup
[5] Sudjana, N. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo
[6] Suharsimi, A. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
[7] Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
[8] Wardani I GAK. 2007. Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
[9] Zulfikar H, dkk. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana Pada Materi Memasang Instalasi Penerangan Di Luar Permukaan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek. 31 Agustus 2013. Vol.1 No.1 ISSN : 2302-285X

Downloads

Published

2019-03-11

Issue

Section

Articles
Abstract views: 437 , PDF Downloads: 561