PENGARUH MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMKN 3 SURABAYA

Authors

  • Devin Heliana Pitaloka Sukis Mahasiswa
  • Wahyu Dwi Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v7n2.p1-7

Keywords:

Kesiapan Berwirausaha, Minat Berwirausaha, Projek Kreatif dan Kewirausahaan

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan kejuruan yang mencetak lulusan siap kerja serta lulusan yang kreatif, inovatif, dan produktif. Partisipasi angka Sekolah Menengah Kejuruan dalam masyarakat dapat diwujudkan dengan membuka usaha untuk mengurangi angka kemiskinan dari lulusan SMK di Indonesia. Mata pelajaran projek kreatif dan kewirausahaan dapat memberikan bekal pada peserta didik untuk terjun di dunia bisnis atau kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) terhadap minat dan kesiapan berwirausaha peserta didik di SMKN 3 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif asosiatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dengan sampling purprosive pada kelas XII TKRO 2. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen kuisioner dan data sekunder hasil belajar. Analisis data yang diambil yaitu uji syarat meliputi analisis uji validitas dan reliabilitas, uji perenang meliputi uji normalitas dan linearitas, selanjutnya analisis regresi linier sederhana untuk menentukan signifikansi, koefisien korelasi dan determinasi pengaruh mata pelajaran PKK terhadap minat dan kesiapan berwirausaha.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mata pelajaran proyek kreatif dan kewirausahaan terhadap minat dan kesiapan berwirausaha. Mata pelajaran proyek kreatif dan kewirausahaan berpengaruh positif dan kuat terhadap minat berwirausaha peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,747, presentase sebesar 55,8% dan signifikan yang ditunjukkan dengan thitung 6,055 > 2,048. Mata pelajaran proyek kreatif dan kewirausahaan berpengaruh positif dan kuat terhadap kesiapan berwirausaha peserta didik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,781, besar presentase 61% dan signifikan yang ditunjukkan dengan thitung 6,737 > Rtabel 2,048.

References

[1] M. T. P. dan H. Sofyan, “Pengaruh Kewirausahaan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Wirausaha Siswa Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Seyegan,” E-Jurnal Pendidik. Tek. Otomotif - S1, vol. 05, hal. 45–53, 2016.

[2] M. Divani, W. Indrayeni, A. Yulastri, dan C. Andriani, “Kontribusi Pembelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Kecamatan Luak,” J. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 3, hal. 914–928, 2024.

[3] P. C. Khotimah, S. Kantun, dan J. Widodo, “Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Di SMK Negeri 7 Jember (Studi Kasus Pada Kelas …,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 14, no. 2, hal. 357–360, 2020, doi: 10.19184/jpe.v14i2.16522.

[4] N. L. Brilianti, R. Yoseptry, H. Anisa, S. Islamy, N. E. Nurlela, dan S. Nurhasanah, “Implementasi Program Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW ) Dalam Mengembangkan Minat Berwirausaha Siswa Di SMKN 1 Majalaya,” AL-AFKAR J. Islam. Stud., vol. 6, no. 2, hal. 340–352, 2023, doi: 10.31943/afkarjournal.v6i2.558..Implementation.

[5] A. Kurniawan dan D. Setiawan, “Entrepreneurial readiness indicators among university students: A case study in Indonesia,” nternational J. Entrep. Small Bus., vol. 43, no. 2, hal. 123–140, 2021.

[6] M. E. Jamu, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Universitas Flores),” INOBIS (Jurnal Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 1, no. 3, 2018, doi: 10.55601/jwem.v5i1.226.

[7] M. Nabila dan R. Febriana, “Hubungan Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Kuliner di SMKN 33 Jakarta,” J. Mhs. Ekon. Bisnis, vol. 5, no. 1, hal. 88–97, 2025.

[8] N. Falah dan N. Marlena, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK,” J. PTK dan Pendidik., vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.18592/ptk.v8i1.6453.

[9] Y. Andayani, N. Nurjanah, dan D. D. Prasetya, “Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha dan Leadership pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 4, hal. 854–860, 2023, doi: 10.37329/cetta.v6i4.2861.

[10] F. Tentama, A. Damaiwanti, S. A. Mulasari, K. Labiba, T. W. Sukesi, dan R. G. Alabarusi, “Faktor Kesiapan Berwirausaha pada Pelaku UMKM Pasca Pandemi Covid-19,” Psychopreneur J., vol. 8, no. 1, hal. 26–42, 2023.

[11] W. D. Kurniawan, A. P. Budijono, dan A. H. A. Rasyid, “Interactive e-books to enhance technical drawing abilities of mechanical engineering students in on-line classes in post-pandemic times,” World Trans. Eng. Technol. Educ., vol. 22, no. 3, hal. 230–234, 2024.

[12] R. Syarifudin Hidayatullah, S. Supardji, dan I. W. Susila, “Development of Digital Learning Simulators to Increase Vocational Students’ Prior Knowledge,” TEM J., vol. 13, no. 3, hal. 1981–1988, 2024, doi: 10.18421/tem133-26.

[13] H. R. S. Soeryanto dan W. D. Kurniawan, “A novel, adaptive, multimedia-based assessment test for Generation Z in senior vocational high schools,” World Trans. Eng. Technol. Educ., vol. 21, no. 3, hal. 159–166, 2023.

Downloads

Published

2025-06-13

How to Cite

Devin Heliana Pitaloka Sukis, & Wahyu Dwi Kurniawan. (2025). PENGARUH MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT DAN KESIAPAN BERWIRAUSAHA PESERTA DIDIK TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF SMKN 3 SURABAYA. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 7(2), 1–7. https://doi.org/10.26740/jvte.v7n2.p1-7
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 3