IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMK NASIONAL MALANG

Authors

  • Bramasta Zeinnedin Hardar Universitas Negeri Malang
  • Partono Universitas Negeri Malang
  • Ivas Djunaidi SMK Nasional Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v7n2.p8-15

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Keaktifan siswa, Wheel aligment, SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik pada kompetensi Wheel Alignment di kelas XI TKR 1 SMK Nasional Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi pra-siklus menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa tergolong rendah dengan rata-rata 41,46%. Setelah diterapkannya model PBL pada siklus I, keterlibatan aktif siswa meningkat menjadi 63,65%. Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 84,69%. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah efektif mendorong partisipasi aktif siswa melalui kegiatan diskusi kelompok, kolaborasi, dan pemecahan masalah kontekstual yang relevan dengan dunia kerja. Selain itu, pendekatan ini turut memperkuat pemahaman peserta didik terhadap konsep teknik kendaraan ringan, melatih kemampuan berpikir kritis, serta meningkatkan kerja sama tim. Pembelajaran yang menekankan keterlibatan aktif dan pemecahan masalah nyata menjadi strategi yang sesuai untuk SMK yang menekankan keterampilan aplikatif. Oleh karena itu, model PBL sangat direkomendasikan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang mendukung pengembangan kompetensi teknis dan soft skills peserta didik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran interaktif dan kontekstual di lingkungan pendidikan kejuruan.

References

[1] L. S. Rahayu and R. Suhartini, “Pendidikan Kejuruan di Era Revolusi Industri 4.0 : Perspektif Teori,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 3, pp. 2484–2489, 2024, doi: 10.31004/edukatif.v6i3.6775.

[2] A. Santika, E. Simanjuntak, R. Amalia, S. Kurniasari, and R. Artikel, “Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan Info Artikel Abstrak,” J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 84–94, 2023.

[3] S. Indraswari, “Implementing The TSTS -Type Cooperative Model to Improve Student Activity and Critical Thinking in Service Procedures Materials for Class XI SMKN 8 Semarang,” vol. 2, no. 2, pp. 99–101, 2024, doi: 10.30595/rissej.v2i2.176.

[4] S. Samidjo, S., & Hadi, “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISTEM REM,” J. Pendidik. dan Profesi Kegur., vol. 2, no. 2, p. 207, 2021, doi: 10.59562/progresif.v2i2.30263.

[5] I. P. Widyanto and R. Vienlentia, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 7, no. 4, p. 149, 2022, doi: 10.17977/jptpp.v7i4.15215.

[6] C. G. G. T. Hutabarat, C. Y., & Sibarani, “IMPLEMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI,” vol. 7, no. 4, p. 17934, 2024.

[7] F. Rozi and N. Zein, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN FOKUS SISWA,” vol. 4, no. 5, 2024, doi: 10.17977/um065.v4.i5.2024.19.

[8] S. Ruyani and S. Sudiansyah, “Pengaruh Kualitas Pendidik, Habit of Mind, Self Convidence terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMKN 4 Pontianak,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 8, pp. 7686–7696, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i8.5687.

[9] Vauzi, “IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR,” Civ. Off. J. Empir. Stud. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, doi: 10.53754/civilofficium.v1i1.224.

[10] A. Mayasari, O. Arifudin, and E. Juliawati, “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran,” J. Tahsinia, vol. 3, no. 2, pp. 167–175, 2022, doi: 10.57171/jt.v3i2.335.

[11] I. Fatwa, E. Larosa, and M. Absa, “Penerapan Model Pembelajaran Pbl Untuk Meningkatkan,” vol. 4, pp. 97–104, 2023.

[12] H. Roskawati, “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V.A,” Cendekiawan, vol. 6, no. 1, pp. 54–60, 2024, doi: 10.35438/cendekiawan.v6i1.441.

[13] C. G. G. T. Ramadania, W., & Sibarani, “IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL,” vol. 7, no. 3, pp. 11682–11690, 2024.

[14] S. Astuti, N., & Handajani, “Penerapan PBL Modifikasi Media Papan Ranking Satu pada Topik Cookies untuk Fase F,” vol. 10, pp. 360–366, 2025.

[15] A. R. Labuna, S. Salim, M. Latief, and I. Suwandi, “Penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Perakitan Komputer kelas X TKJ SMKN 1 Bulango Selatan,” Invert. J. Inf. Technol. Educ., vol. 4, no. 2, 2024, doi: 10.37905/inverted.v4i2.18904.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Hardar, B. Z., Partono, & Djunaidi, I. (2025). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DI SMK NASIONAL MALANG. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 7(2), 8–15. https://doi.org/10.26740/jvte.v7n2.p8-15
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 9