PENGGUNAAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 11 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v7n2.p16-23Keywords:
Hasil Belajar, HOTS, Problem Based Learning (PBL) , Quizziz, SMK OtomotifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas integrasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media evaluasi interaktif Quizizz dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi Pemeliharaan Komponen Otomotif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas X TSM 1 SMK Negeri 11 Malang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam capaian akademik siswa, dengan rata-rata nilai meningkat dari 75,3 menjadi 93,8 dan persentase kelulusan naik dari 62,2% menjadi 91,9%. Model PBL terbukti mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, khususnya dalam memecahkan masalah nyata, berpikir kritis, dan bekerja kolaboratif. Di sisi lain, Quizizz sebagai media evaluasi berbasis gamifikasi memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses evaluasi, terutama melalui soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills / HOTS) pada level C3–C5. Temuan di lapangan juga memperlihatkan bahwa siswa mampu mengaplikasikan konsep yang dipelajari dalam praktik nyata, seperti melakukan perawatan kendaraan ringan secara mandiri. Secara keseluruhan, integrasi PBL dan Quizizz tidak hanya mendongkrak hasil belajar, tetapi juga mengembangkan soft skills dan literasi digital siswa. Oleh karena itu, strategi ini sangat layak diterapkan dalam pembelajaran vokasi otomotif di era industri 4.0 sebagai upaya menciptakan lulusan yang adaptif, kreatif, dan siap kerja.
References
[1] W. A. Din, F. H. Saikim, S. Swanto, N. U. R. A. A. B. D. Latip, I. H. ISMAIL, and M. R. A. RASIT, “Students’ Perspectives on the Effectiveness of Problem-Based Learning with Inverted Classroom Assistance in Improving.,” Persepsi Pelajar Terhadap Keberkesanan Pembelajaran Berasaskan Pemasaalahan dengan Bantu. Invert. Classr. untuk Memperbaiki Pemahaman Pelajar., vol. 90, pp. 63–76, 2020, [Online]. Available: http://10.0.68.168/akad-2020-90IK2-06%0Ahttps://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,cookie,uid&db=aph&AN=147918552&lang=it
[2] M. Mamat, N. N. Amran, Z. Ismail, M. Ibrahim, H. Ishak, and S. Baba, “Service-Learning In Malaysia: Practice And Implementation In Four Public Universties,” Int. J. Civ. Eng. Technol., vol. 10, no. 04, pp. 1632–1639, 2019.
[3] L. L. S. Gee, J. Dasan, and C. H. C. Hasan, “Investigating the Usability of Universities’ Websites: Upgrading Visualization Preference and System Performance,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 16, no. 2, pp. 129–143, 2022, doi: 10.3991/ijim.v16i02.23707.
[4] B. C. Soo, “Service Quality Analysis to Improve Competitive Advantage of SMEs Creative Industries,” J. Curr. Res. Bus. …, 2024, [Online]. Available: https://www.jcrbe.org/index.php/rbe/article/view/76
[5] H. Tsalapatas, C. V. De Carvalho, O. Heidmann, and E. Houstis, “Active problem-based learning for engineering higher education,” CSEDU 2019 - Proc. 11th Int. Conf. Comput. Support. Educ., vol. 2, no. Csedu, pp. 347–351, 2019, doi: 10.5220/0007720403470351.
[6] M. Cholik, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Quizizz Sebagai Alat Pembelajaran Interaktif Di Smk,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 2, pp. 428–435, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i2.4156.
[7] N. Ummu Aliya, S. Susilowati, M. Kelvino, and M. Fajar, “MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI DESSERT MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ Nabila,” STEAM Eng. (Journal Sci. Technol. Educ. Mech. Eng., vol. 6, pp. 140–146, 2025.
[8] M. Arifin, F. Helmi, and J. Dharmawan, “DIGITALISASI PEMBELAJARAN : SOLUSI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK BUSTANUL ULUM NONGGUNONG,” J. “MITSU” Media Inf. Tek. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2025.
[9] H. K. Putra and S. Fauziyah, “Pengaruh Gamifikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Broadcasting: Studi Penggunaan Quizizz di Sekolah Kejuruan,” Pengaruh Pengguna. Miniat. Mob. Terhadap Prestasi Belajar Mat., vol. 9, no. 2, pp. 14–22, 2024.
[10] S. Ramadhan and R. S. Untari, “Mengoptimalkan Pembelajaran Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Quizizz,” Indones. J. Appl. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2024, doi: 10.47134/ijat.v1i2.2916.
[11] N. T. Handayani, “PENGARUH E-LEARNING DAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X OTKP SMK NEGERI 2 CIKARANG BARAT,” Repository UNJ, 2022. http://repository.unj.ac.id/51242/ (accessed Apr. 27, 2025).
[12] S. Parveen Abdul Rahim, M. A. Samsudin, M. Erfy Ismail, M. Hasril Amiruddin, and C. Abdul Talib, “Undergraduates’ Interest Towards Learning Genetics Concepts Through Integrated Stemproblem Based Learning Approach,” J. Univ. Shanghai Sci. Technol., vol. 22, no. 12, 2020, doi: 10.51201/jusst12474.
[13] N. Wulansari, The Use of Teams Games Tournament (TGT) To Improve Students Reading Comprehension Ability on The Descriptive Text in The Tenth Grade of SMK Wahid Hasyim …. repository.metrouniv.ac.id, 2020. [Online]. Available: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1743/
[14] S. F. Z. B. Hussin, N. A. B. Aziz, and R. Bin Rohani, “The Usage of Issue Finder to Improve The Student’s Answers In Problem Based Learning Questions In Business Law,” no. March 2023, 2022.
[15] T. R. Agraini, A. A. Ummah, and P. M. Sari, “JUTIN : Jurnal Teknik Industri Terintegrasi Systematic literature review : Efektivitas penggunaan media digital sebagai instrumen evaluasi dalam Pembelajaran Kejuruan di SMK,” vol. 7, no. 4, pp. 2467–2474, 2024.
[16] S. Wahyu, A. F. Ritonga, and F. O. Purnomo, “Implementasi Internet of Things (IoT) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Jakarta 1,” Risenologi, vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.47028/j.risenologi.2020.51.57.
[17] W. Su Luan, M. N. Khambari Md, A. B. M. Razali, S. A. Rashid, and F. T. Haw Ching, “Scholarship of Teaching and Learning,” p. 146, 2019.
[18] R. Guntoro, Suparji, and R. Harimurti, “IMPLEMENTASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA ASESMEN PADA MATA PELAJARAN DASAR KEJURUAN DI SMK,” J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 4, pp. 2365–2372, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 5
,
PDF Downloads: 4



