Penerapan P5 Tema “Kebekerjaan” terhadap Motivasi Bekerja Peserta Didik SMKS Wijaya Putra
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v7n2.p32-36Keywords:
Desain Komunikasi Visual, Kebekerjaan, Kurikulum Merdeka, Motivasi Kerja, Projek P5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kebekerjaan” dalam meningkatkan motivasi bekerja peserta didik kelas X SMK Wijaya Putra Surabaya. Tema kebekerjaan dipilih sebagai bagian dari upaya sekolah dalam membentuk kesiapan mental dan keterampilan siswa dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket motivasi kerja yang terdiri atas lima indikator: ketekunan menyelesaikan tugas, tanggung jawab terhadap pekerjaan, ketertarikan pada dunia kerja, kesiapan menghadapi tantangan kerja, dan keinginan untuk berprestasi. Sampel penelitian adalah 34 peserta didik dari konsentrasi keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV). Instrumen pengukuran menggunakan skala Likert empat poin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata motivasi bekerja dari kategori sedang (2,75) sebelum pelaksanaan P5 menjadi kategori tinggi (3,41) setelah pelaksanaan P5. Kegiatan P5 memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan keterlibatan aktif, tanggung jawab, serta kesiapan peserta didik dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu, penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan ini juga efektif dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, kegiatan P5 dengan tema kebekerjaan dapat dijadikan strategi pembelajaran yang relevan dan kontekstual dalam penguatan motivasi kerja peserta didik SMK.
Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, Kebekerjaan, Kurikulum Merdeka, Motivasi Kerja, Projek P5
This study aims to analyze the effectiveness of the implementation of the Strengthening Pancasila Student Profile Project (P5) with the theme "Employability" in improving the work motivation of Grade X students at SMK Wijaya Putra Surabaya. The employability theme was chosen as part of the school's effort to prepare students with the necessary mindset and skills for the world of work. This research employed a descriptive quantitative approach, with data collected through a work motivation questionnaire consisting of five indicators: perseverance in completing tasks, responsibility in work, interest in the world of work, readiness to face work-related challenges, and the desire to achieve in a professional environment. The research sample consisted of 34 students from the Visual Communication Design (DKV) expertise concentration. The measurement instrument used a four-point Likert scale. The findings indicate a significant increase in students’ work motivation from a moderate category (2.75) before the P5 implementation to a high category (3.41) after its implementation. The project-based learning activities within the P5 program had a positive impact on students’ engagement, sense of responsibility, and readiness for real-world work environments. Moreover, the program effectively fostered character values aligned with the Pancasila Student Profile. Therefore, the P5 project with the employability theme can be considered a relevant and contextual educational strategy to strengthen students' motivation and preparation for the workforce in vocational schools.
Keywords: Employability, Motivation, P5 Project, Visual Communication Design, Vocational Education
References
[1] Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Buku Saku Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kemendikbudristek.
[2] Qolbiyah, A., Sonzarni, & Ismail, M. A. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.1
[3] Kumparan. (2024). Definisi dan Pelaksanaan P5 dalam Kurikulum Merdeka. Diakses pada 24 Februari 2025 dari https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-p5-dan-implementasinya-dalam-kurikulum-merdeka-23Iy20XETPW
[4] Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basic Edu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.323
[5] Rizal, R., & Zumrotun, E. (2024). Pelaksanaan Projek P5 Bertema Kewirausahaan di SDN 3 Krapyak dalam Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5606–5618.
[6] Ekonomi, P., & Universitas Tanjungpura. (2025). Analisis Pengaruh Projek P5 terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Kejuruan, 14, 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v14i1.85501
[7] Kemdikbud. (2022a). Kurikulum Merdeka. Diakses dari https://s.id/kurikulum-merdeka
[8] Kemdikbud. (2022b). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
[9] Sawitri, J., Basalamah, S., Nasir, M., & Murfat, M. Z. (2022). Hubungan antara Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai: Studi di Bandara I Laga Ligo Bua, Palopo. Center of Economic Students Journal, 5(3), 228–241. https://doi.org/10.56750/csej.v5i3.541
[10] Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Methods (Edisi ke-4). Sage Publications.
[11] Kemdikbudristek. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran (Edisi Pertama). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
[12] Kemendikbudristek. (2022). Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.
[13] Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
[14] Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
[15] Ruang Kolaborasi Mengajar Merdeka. (2023). Mengenal Lebih Jauh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Diakses pada 24 Februari 2025 dari https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/8747598052121-Mengenal-Projek-Penguatan-Profil-Pelajar-Pancasila
[16] Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 3
,
PDF Downloads: 0



