PENGARUH PJBL TERHADAP KREATIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 3 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v7n1.p33-38Keywords:
PjBL, kreativitas , motivasi belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan kreativitas, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran CNC di SMK Negeri 3 Surabaya. Metode yang digunakan adalah desain kuasi-eksperimental dengan model Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelas sebagai sampel: kelas eksperimen yang menerapkan PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur kemampuan kreativitas, motivasi belajar siswa dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kreativitas siswa dengan nilai signifikansi 0,000, di mana rata-rata skor kelompok eksperimen mencapai 3,04, sedangkan kelompok kontrol hanya 2,35. Selain itu, PjBL berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,000 pada kelompok eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 3,09 dibandingkan 2,44 pada kelompok kontrol. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata nilai 89 untuk kelompok eksperimen dan 68 untuk kelompok kontrol, dengan nilai signifikansi 0,000. Respon siswa terhadap penerapan PjBL berada dalam kategori baik, dengan rata-rata skor 3,13. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model PjBL tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan akademis siswa, tetapi juga berkontribusi pada perkembangan sosial dan emosional mereka, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan.
Kata Kunci : PjBL, kreativitas, motivasi belajar, hasil belajar
References
[1] Z. D. Tiara, D. Supriyadi, dan N. Martini, “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 8, no. 1, hal. 450, 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i1.776.
[2] M. Shafiul A., D. Agus S., dan D. Nurhadi, “Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK,” Februari, vol. 43, no. 1, hal. 41–50, 2020.
[3] C. Yohana, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 7, no. 1, hal. 89, 2021, doi: 10.37905/aksara.7.1.89-102.2021.
[4] F. F. Zalukhu, E. V. A. N. Zega, F. F. D. Daeli, dan A. Bawamenewi, “Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning,” J. Educ., vol. 6, no. 1, hal. 5793–5800, 2023.
[5] I. Agustian, H. E. Saputra, dan A. Imanda, “Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu,” Prof. J. Komun. dan Adm. Publik, vol. 6, no. 1, hal. 42–60, 2019, doi: 10.37676/professional.v6i1.837.
[6] L. HULFIAN, “Tingkat Validitas Dan Reliabilitas Instrument Tes Keterampilan Bermain Futsal,” Acad. J. Inov. Ris. Akad., vol. 2, no. 1, hal. 27–34, 2022, doi: 10.51878/academia.v2i1.1077.
[7] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian. 2022.
[8] D. Dewanto, H. M. Wantu, Y. Dwihapsari, T. A. Santosa, dan I. Agustina, “Effectiveness of The Internet of Things (IoT)-Based Jigsaw Learning Model on Students’ Creative Thinking Skills: A- Meta-Analysis,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 10, hal. 912–920, 2023, doi: 10.29303/jppipa.v9i10.4964.
[9] Nurislamiati dan Muh. Irfan, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” Prox. J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, hal. 1–7, 2022, doi: 10.30605/proximal.v5i2.1779.
[10] N. W. Sunita, E. Mahendra, dan E. Lesdyantari, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik,” Widyadari, vol. 20, no. 1, hal. 127–145, 2019.
[11] Djoko Suwito, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasaraksi Dan Reaksi Gaya SMK Negeri 7 Surabaya,” Jptm, vol. 11, hal. 1–6, 2021.
[12] A. Colim, P. Carneiro, J. D. Carvalho, dan S. Teixeira, “Occupational Safety & Ergonomics training of Future Industrial Engineers: A Project-Based Learning Approach,” Procedia Comput. Sci., vol. 204, no. 2021, hal. 505–512, 2022, doi: 10.1016/j.procs.2022.08.119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

