EVALUASI IMPLEMENTASI PJBL SESUAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK KRIAN 2 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v7n1.p16-25Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk mempersiapkan siswa dalam mendukung sasaran pencapaian Pembangunan. Program transformasi pengembangan SMK dimulai dengan program Revitalisasi SMK pada 2017, kemudian SMK Center Of Excellence tahun 2020, dilanjut program SMK Pusat Keunggulan (PK) pada tahun 2021. Salah satu program SMK PK adalah pengembangan karakter profil pelajar pancasila melalui model Project based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Project based learning sesuai dengan profil pelajar pancasila pada dimensi gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PjBL sesuai dengan profil pelajar pancasila sudah baik, namun belum maksimal. Pada dimensi gotong royong menunjukkan kolaborasi yang baik antara guru dan siswa, namun guru masih perlu membimbing siswa agar meningkatkan keterampilan kerjasama yang baik lagi. Dimensi mandiri menunjukkan guru mampu mengarahkan siswa untuk menumbuhkan jiwa kemandirian, tetapi guru masih perlu mendorong siswa untuk mengenali kualitas dan minat diri. Kemudian dimensi bernalar kritis menunjukkan guru mampu membimbing siswa untuk memecahkan masalah dengan solutif, namun guru masih perlu mendorong siswa untuk mengembangkan kebiasaan mencari tahu. Dimensi kreatif menunjukkan guru membimbing siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan, namun guru masih perlu membimbing siswa untuk menghasilkan sesuatu yang orisinal.
References
[1] A. M. Reny, H. Nur, dan A. Arfandi, “‘Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Kota Sorong,’” Semin. Nas. Dies Natalis 62, vol. 1, hal. 412–416, 2023, doi: 10.59562/semnasdies.v1i1.1014.
[2] A. S. Shibgho dan I. Alfiansyah, “‘Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah,’” J. Pendidik. dan Keislam., vol. 239, no. 2, hal. 236–254, 2022.
[3] Mujiburrahman, M. Suhardi, dan S. N. Hadijah, “‘Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Di Era Kurikulum Merdeka,’” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, hal. 91–99, 2022, doi: 10.51878/community.v2i2.1900.
[4] M. A. Almulla, “‘The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning,’” Sage Open, vol. 10, no. 3, 2020, doi: 10.1177/2158244020938702.
[5] E. Susilawati, S. Sarifudin, dan S. Muslim, “‘Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar,’” J. Teknodik, vol. 25, hal. 155–167, 2021, doi: 10.32550/teknodik.v25i2.897.
[6] D. Irawati, A. M. Iqbal, A. Hasanah, dan B. S. Arifin, “‘Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa,’” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, hal. 1224–1238, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
[7] M. R. Dewi, “‘Kelebihan dan Kekurangan Project-Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka,’” Inov. Kurikulum, vol. 19, no. 2, hal. 213–226, 2022, doi: 10.17509/jik.v19i2.44226.
[8] Sadia dan D. Retnasari, “‘Implementasi Model Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka,’” Pros. Pendidik. Tek. Boga Busana FT Univ. Negeri Yogyakarta, vol. 18, no. 1, hal. 1–6, 2023.
[9] S. Ulandari dan D. D. Rapita, “‘Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik,’” J. Moral Kemasyarakatan, vol. 8, no. 2, hal. 116–132, 2023, doi: 10.21067/jmk.v8i2.8309.
[10] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta, 2013.
[11] Morissan, Metodologi Penelitian Survei. Jakarta: Kencan Prenadamedia Group, 2014.
[12] E. P. Widyoko, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV Pustaka Belajar, 2015.
[13] BSKAP Kemendikbudristek, Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud RI, 2022.
[14] SEAQIL’s-Team dkk., HOTS-Oriented Module: Project-Based Learning, Pertama. Jakarta: Publisher SEAMEO QITEP in Language, 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://repositori.kemdikbud.go.id/21381/1/Project-Based Learning.pdf
[15] S. K. Devi, B. Ismanto, dan F. Kristin, “Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui Project Based Learning,” J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 2, no. 1, hal. 55–65, 2019.
[16] K. Windari dan N. W. Sudarti, “Implementasi Model Project Based Learning Sebagai Upaya Penumbuhan Karakter 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Pendidik., vol. 1, no. 1, hal. 133–144, 2024, doi: 10.62951/prosemnasipi.v1i1.16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

