EFEKTIVITAS PjBL UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI BEKAL MENGHADAPI INDUSTRI 4.0
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v7n1.p1-7Keywords:
SMK, PjBL, Profil Pelajar Pancasila, Industri 4.0Abstract
Pendidikan Vokasi khusunya SMK mencetak siswanya agar lulus siap kerja pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Industri saat ini mulai memasuki era revolusi 4.0. Hal ini memerlukan persiapan yang sistematis, dan totalitas. Persiapan tersebut diatur dalam kurikulum Merdeka dengan menyungsung program “Profil Pelajar Pancasila” dan memberikan model pembelajaran project based learning. Hal ini sangat relevan sebagai bekal menghadapi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penerapan PjBL terhadap pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; mandiri; bergotong royong; berkebhinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif, serta mengetahui relevansinya terhadap tuntutan industri 4.0 dalam aspek soft skill. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif eksperimental, terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Hasil analisis menggunakan SPSS for windows, pengaruh penggunaan PjBL terhadap PPP siswa SMK menunjukkan bahwa nilai uji T menghasilkan tingkat signifikansi 0,0029. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran PjBL berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan PPP siswa SMK terutama pada tekanan sintaks Menyusun rencana dan membuat jadwal, dan pengerjaan dan monitoring proyek. Melalui karakter PPP terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa industri 4.0 menuntut beberapa aspek soft skill seperti berpikir kritis, pemecahan masalah, kreatif, kemampuan komunikasi, kecerdasan emosional, dll.
References
[1] I. A. Alimudin, T. Permana, and S. Sriyono, “Studi Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Untuk Bekerja Di Industri Perbaikan Bodi Otomotif,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 5, no. 2, p. 191, 2019, doi: 10.17509/jmee.v5i2.15187.
[2] H. Setiadi, “Tantangan revolusi industri 4.0 : Pembelajaran abad 21 di SMK,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik. Pascasarj. UNIMED, vol. 3, no. 5, pp. 395–401, 2019.
[3] R. N. Sakinah and D. A. Dewi, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0,” J. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, pp. 152–167, 2021, doi: 10.31316/jk.v5i1.1432.
[4] Kemdikbud, “Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020,” Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020, vol. 3, pp. 1–174, 2020, [Online]. Available: https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SALINAN PERMENDIKBUD 22 TAHUN 2020.pdf%0Afile:///C:/Users/HP/AppData/Local/Mendeley Ltd./Mendeley Desktop/Downloaded/Kemdikbud - 2020 - Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020.pdf
[5] P. A. Rizky Satria, W. K. Sekar, and T. Y. Harjatanaya, Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.
[6] D. Widiyanto, “Kurikulum Merdeka dan PBL Relevan dengan Tantangan Riil,” BBPPMPV BOE Kemendikbud, 2022. http://bbppmpvboe.kemdikbud.go.id/bbppmpvboe/berita/detail/kurikulum-merdeka-dan-pbl-relevan-dengan-tantangan-riil (accessed Jan. 26, 2024).
[7] D. A. Sudjimat, A. Nyoto, and M. Romlie, “Implementation of Project-Based Learning Model and Workforce Character Development for the 21st Century in Vocational High School,” Int. J. Instr., vol. 14, no. 1, pp. 181–198, 2020, doi: 10.29333/IJI.2021.14111A.
[8] M. Maros, M. Korenkova, M. Fila, M. Levicky, and M. Schoberova, “Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia,” Interact. Learn. Environ., vol. 31, no. 7, pp. 4147–4155, 2023, doi: 10.1080/10494820.2021.1954036.
[9] R. Prawati and Z. Ramadhan, “The PJBL Model on Increasing the Pancasila Student Profile (P3) of Grade IV Elementary School Students,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 11, no. 2, pp. 335–343, 2023, doi: 10.23887/jjpgsd.v11i2.64395.
[10] Faslia, H. Aswat, and N. Aminu, “Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran IlmuPengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7 No.6, pp. 3895–3904, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6623.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.