Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Wordwall di SMKN 1 Kemlagi

Authors

  • shella mega arianto Mahasiswa
  • Heri Suryaman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v6n2.p100-107

Abstract

Hasil belajar peserta didik saat menerapkan strategi pembelajaran TCL menguji, nilai tes harian siswa mendapat 35% diatas nilai Standart, sementara 65% memiliki nilai standart KKM. Berdasarkan hasil observasi, diperlukan adanya pembaruan terhadap model pembelajaran supaya dapat menarik minat serta motivasi siswa dalam proses belajar. Dengan mengimplementasikan pembaharuan srategi belajar kooperatif tipe NHT. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media wordwall dengan model pembelajaran Direct Instruction, (2) untuk mengetahui respon siswa pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-experimental design, dengan jenis desain posttest control group design. Teknik purposive sampling digunakan pada penelitian ini mendapatkan jumlah 64 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes (Post-Test), dokumentasi, angket respon dan wawancara. Hasil pengolahan data yang telah didapat, selanjutnya diolah menggunakan uji T-test polled varians untuk hipotesis 1, sedangkan uji rata-rata (mean) untuk hipotesis 2. Hasil analisis bahwa, 1) hipotesis 1 menggunakan polled varians dengan angka signifikans ɑ = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) yang diperoleh = 62. Memperoleh nilai thitung = 6,630 > ttabel = 1,998 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Adanya perbedaan penggunaan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran direct instruction (langsung). 2) hipotesis 2 menggunakan uji rata-rata (mean) dengan perolehan perolehan presentase respon siswa 90,02%. Adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menerapkan tipe pembelajaran NHT.

References

H.A. Era. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 7 No. 1 Januari 2017:1-9.

F. A. Falakhudin, A. Handayanto, dan N.Happy. Efektivitas Model Pembelajaran kooperatif Tipe TGT dan NHT Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 5, September 2019, Hal. 164-171.

B.E. Purnomo, dkk. 2017. Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Partisipasi dan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Sainsmat, Hal 67- 74 Vol. VI, No. 1. ISSN 2579 -5686 (daring) ISSN 2086 - 6755 (Cetak). http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat.

T. E., dkk. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 6(3), 354.

B.A, dkk . 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dengan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 2581–253.

D.D. P., dan Bukit, N. (2013). Analyze Critical Thinking Skills And Scientific Attitude In Physics Learning Used Inquiry Training And Direct Instruction Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisi-ka,2(1),16–24. https://doi.org/10.22611/jpf.v2i1.4333

N.S.F., dan Renoningtyas, N. 2021. Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidi-kan. Vol 3(5), 2854–2860

A.A, M.A. Analysis Of Student Responses Toward Sets-Based Discovery Learning. Journal of Science Education Teaching and Learning. Vol 1 No.1, Page 33-37.

W.D. L. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berban-tu Teknik Berhitung Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

D.Hamid. (2015). Metode penelitian pendidikan sosial. Bandung: Alfabet.

Utari, E. T. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantu Media Games Pinball Smart (GPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Taman Siswa Medan. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

A,R, dan F. Muhammad. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Pustaka.

P.R Sembiring. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol 3 hal 869 – 873.

S.W, E.J.M, dan N.N.Muslihah. 2019. Perbandingan Model Pembelajaran Direct Intruction (DI) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Ke-4 (SNBK 2019) dan Workshop Teori dan Praktik Pedagogis (WTPP 2019). Seri Konferensi 2 (2) (2019) 184-192.

N.Rindu. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Di SMK Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Additional Files

Published

2024-06-13

How to Cite

arianto, shella mega, & Suryaman, H. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Wordwall di SMKN 1 Kemlagi . Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 6(2), 100–107. https://doi.org/10.26740/jvte.v6n2.p100-107
Abstract views: 47 , PDF Downloads: 0