PENGEMBANGAN MODUL MATERI SISTEM GARDAN PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAHAN TENAGA KELAS XI SMKN 1 JABON
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v6n2.p118-127Abstract
ABSTRAK
Pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa program keahlian teknik kendaraan ringan. Menurut hasil observasi dan wawancara dengan guru teknik kendaraan ringan khusus pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga, kurangnya media pembelajaran yang digunakan ketika proses pembelajaran berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran modul pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga khususnya pada materi sistem gardan. Pengembangan media pembelajaran modul menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki beberapa tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Validasi media modul meliputi tiga aspek yaitu aspek materi, media dan bahasa. Tiap aspek dinilai oleh para ahli. Respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Uji-t dilakukan guna mengetahui tingkat efektifitas belajar siswa dengan media tersebut. Hasil validasi yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 0,91 pada aspek materi, 0,79 pada aspek media dan 0,88 pada aspek bahasa dengan rata-rata skor validitas media modul sebesar 0,86 yang masuk kategori validitas tinggi. Untuk respon mendapat skor 95,27% yang masuk dalam kategori sangat baik. Media modul dinilai efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa dengan hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 62,570 > 2,0452. Dapat disimpulkan bahwa media modul yang dikembangkan valid dan efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Modul, Sistem Gardan.
ABSTRACT
Chassis maintenance and power transfer are one of the subjects that must be taken by students of the light vehicle engineering expertise program. According to observations and interviews with light vehicle engineering teachers specifically in chassis maintenance and power transfer subjects, the lack of learning media used during the learning process has an impact on low student learning outcomes. This research focuses on the development of learning media for chassis maintenance and power transfer modules, especially on axle system materials. The development of module learning media uses a 4D development model which has several stages, namely define, design, develop and disseminate. The module media validation includes three aspects, namely the material, media and language aspects. Every aspect is assessed by experts. Student responses are used to determine student responses to the developed media. The t-test is carried out to determine the level of effectiveness of student learning with these media. The validation results that have been carried out obtained results of 0.91 in the material aspect, 0.79 in the media aspect and 0.88 in the language aspect with an average module media validity score of 0.86 which is in the high validity category. For response, it got a score of 95.27% which was included in the very good category. The media module is considered effective in improving student learning outcomes with the results of t count > t table, which is 62.570 > 2.0452. It can be concluded that the developed module media is valid and effective in improving student learning outcomes.
Keywords: Gardan System, Learning Media, Module.
References
Arikunto (2010) Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aiken (1980) Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement.
Rusman, Kurniawan, (2013) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Seels. (1994) Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.
Sukardi (2015) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

