PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Authors

  • Yhurico Alam Syah universitas negeri surabaya
  • Rachmad Syarifudin Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v6n1.p56-65

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang mengakibatkan kesulitan siswa dalam memahami materi, yang pada gilirannya menurunkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis website Google Sites pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin untuk siswa SMK, (2) Menemukan pengembangan media pembelajaran interaktif yang tepat untuk mendukung hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin, (3) Mengetahui respons siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis website Google Sites. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang diadaptasi dari Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan media interaktif Google Sites dinilai "sangat layak" dengan skor rata-rata 87,49%. Hipotesis penelitian menunjukkan H1 diterima dengan nilai signifikasi sebesar 0,001. Nilai rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 56,24%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 43,66. Hasil tersebut menunjukkan penggunaan media interaktif Google Sites dalam kategori cukup efektif. Respons siswa terhadap media dinilai "sangat baik" dengan skor rata-rata 88,73%.  Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan media interaktif Google Sites mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh tampilan dan fitur feedback yang memudahkan pemahaman materi serta mendorong keterlibatan siswa secara interaktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 45 , PDF Downloads: 38