PENGEMBANGAN E-BOOK PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DAGING BERBASIS FLIPBOOK MAKER BAGI SISWA FASE E SMK KULINER
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v7n1.p8-15Keywords:
e-Book, Flipbook maker, Model 4D, Pengetahuan Bahan Makanan DagingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil pengembangan e-book pengetahuan bahan makanan daging berbasis flipbook maker bagi siswa fase E SMK Kuliner ; 2) kelayakan e-book pengetahuan bahan makanan daging berbasis flipbook maker di kelas X SMKN 8 Surabaya dan; 3) respon siswa fase E kuliner 2 dan kuliner 3 SMKN 8 Surabaya terhadap kelayakan e-book pengetahuan bahan makanan daging berbasis flipbook maker.
Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D (Four-D) dengan 4 tahapan yaitu define,design,develop dan disseminate, namun karena keterbatasan waktu penelitian, maka peneliti hanya melaksanakan sampai tahap ke 3 yaitu develop. Dalam melakukan validasi peneliti melibatkan 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Penelitian dilakukan di SMKN 8 Surabaya dengan objek penelitian berupa e-book pengetahuan bahan makanan daging berbasis flipbook maker, dan subjeknya yaitu siswa fase E kuliner 2 dan kuliner 3.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) hasil e-book berupa aplikasi offline yang terdapat materi pengetahuan bahan makanan daging dengan terdapat fitur-fitur di dalamnya ; 2) e-book sudah layak digunakan karena memperoleh nilai rata-rata yaitu 97% dari ahli materi dan 93% dari ahli media dengan kategori sangat layak ; dan 3) respon siswa diperoleh rata-rata yaitu 91% dengan kategori sangat layak. Hal ini membuktikan bahwa e-book hasil penelitian dapat digunakan dalam pembelajaran.
References
[1] Angga, A, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
[2] Aprilia, U., Sutiadiningsih, A., Bahar, A., & Handajani, S. (2022). Pengembangan Modul E-Learning Materi Daging & Hasil Surabaya. 11(2), 54–62.
[3] Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
[4] Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048
[5] Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
[6] Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
[7] Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 21). In Alfabeta, CV. Alfabeta, CV.
[8] Suryani, E., & Khoiriyah, I. S. A. (2018). Pemanfaatan E-book sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMA/SMK/MA. International Journal of Community Service Learning, 2(3), 177–184. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i3.15422
[9] Susanti, F. (2015). Pengembangan E – Modul dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook maker pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skripsi, 234.
[10] Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

