PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS XI TKR

Authors

  • Fariz Irawan Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Dwi Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v6n1.p1-9

Abstract

ABSTRAK

Pengujian dari penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh media video ajar yang diambil dari YouTube sebagai media pembelajaan di kelas TKR kelas XI SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Untuk mengetahui keefektif-an media pembelajaran yang bisa membuat siswa dapat memahami dan mengerti konsep dari materi keilmuan teknik kendaraan ringan yang dimana notabene nya keilmuan yang diajarkan adalah tentang sistem-sistem dan mekanisme atau benda yang bergerak di dalam sebuah mesin yang tertutup, tentu saja logikanya pembelajaran yang hanya dengan media gambar dan penjelasan saja tidak akan mudah dipahami oleh siswa karena keilmuan seperti itu tidak merupakan keilmuan umum yang bisa ditemui di kehidupan sehari-hari atau bisa disebut siswa-siswa masih merasa awam. Populasi sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu kelas XI TKR (Teknik Kendaraan Ringan) di SMKN 1 Kediri tahun ajaran 2023/2024. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, model Pre-Eksperimental Design dalam bentuk peneletian One-Group Pretest-Posttest Design. Untuk menguji hipotesis yaitu dengan menganalisa hasil hasil nilai pretest dan posttest sampel. Hipotesis dari penelitian ini yaitu penggunaan media video YouTube berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR dengan melihat dari peningkatan yang signifikan atau peningkatan yang nyata dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari menganalisis data yang telah diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PMKR (Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan) Kelas XI TKR di SMKN 1 Kediri. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS (Statistical Program and Service Solution) v25. Dari pengujian tersebut diperoleh hasil nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain dengan menggunakan media video YouTube sebagai media ajar terdapat pengaruh atau perbedaan yang nyata terhadap hasil belajar siswa, itu dibuktikan dari nilai hasil pretest dan posttest yang didapat selama pelaksanaan penelitian di SMKN 1 Kediri tahun ajaran 2023-2024.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video YouTube, Hasil Belajar

 

ABSTRACT

The testing of this research is intended to analyze the influence of teaching video media taken from YouTube as a learning medium in the TKR class XI SMK (Vocational High School). To find out the effectiveness of learning media that can enable students to understand and understand the concepts of light vehicle engineering scientific material where in fact the science taught is about systems and mechanisms or objects that move in a closed machine, of course the logic Learning that only uses images and explanations will not be easily understood by students because such knowledge is not general knowledge that can be found in everyday life or it could be said that students still feel unfamiliar. The sample population chosen in this research was class XI TKR (Light Vehicle Engineering) at SMKN 1 Kediri for the 2023/2024 academic year. This research design uses a quantitative approach, a Pre-Experimental Design model in the form of One-Group Pretest-Posttest Design research. To test the hypothesis, namely by analyzing the results of the sample pretest and posttest scores. The hypothesis of this research is that the use of YouTube video media influences the learning outcomes of class XI TKR students by looking at the significant increase or real increase in student learning outcomes. The research results from analyzing the data that have been obtained show that there is a significant influence on student learning outcomes in the PMKR (Light Vehicle Engine Maintenance) Class XI TKR subject at SMKN 1 Kediri. This can be seen from the results of the Hypothesis Test which was carried out using SPSS (Statistical Program and Service Solution) v25. From this test, the Asymp.Sig (2-tailed) value obtained was 0.000 < 0.05, which means that Ho was rejected and Ha was accepted, or in other words, by using YouTube video media as a teaching medium, there was a real influence or difference on student learning outcomes. This is proven by the pretest and posttest results obtained during the research at SMKN 1 Kediri for the 2023-2024 academic year.

Keywords: Learning Media, YouTube Videos, Learning Outcomes

Downloads

Published

2024-03-04

Issue

Section

Articles
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 148