PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • Nur Annisa Apriliyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Handajani Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya
  • Niken Purwidiani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v6n1.p18-27

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan materi dan media dari e-modul mata pelajaran Prakarya untuk siswa SMP kelas VIII, dan 2) respon siswa terhadap e-modul mata pelajaran Prakarya untuk siswa SMP  kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D (four D). Penelitian ini hanya sampai pada proses develop (pengembangan) karena keterbatasan dana, waktu, dan tenaga. Untuk menilai kelayakan materi dan media, masing-masing dilakukan validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media. Untuk mengetahui respon peserta didik, dilakukan uji coba pada 18 peserta didik kelas VIII SMPN 32 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. E-modul pembelajaran pada penelitian ini dinilai layak minimal jika memperoleh nilai dengan kategori “Baik”. Hasil penelitian menunjukkan: 1) e-modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan skor rata-rata keseluruhan aspek oleh ahli materi dan ahli media sebesar 3,37 dan 3,24 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, 2) respon peserta didik sebagai pengguna sebesar 3,32 sehingga kelayakan e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya, media e-modul ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran prakarya bagi siswa SMP kelas VIII.

Downloads

Published

2024-03-15

Issue

Section

Articles
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 12