Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Dinda Wahyu Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Puput Wanarti Rusimamto Universitas Negeri Surabaya
  • Rina Harimurti Universitas Negeri Surabaya
  • Achmad Imam Agung Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p225-232

Keywords:

assemblr edu, hasil belajar, penerapan media, respon siswa

Abstract

Teknologi yang terus berkembang dengan begitu pesat memunculkan beragam aplikasi pembelajaran yang menawarkan kemudahan akses, keefektifan, dan konten yang menarik. Salah satunya adalah aplikasi Assemblr edu. Assemblr edu merupakan salah satu aplikasi augmented reality yang menyajikan konsep pembelajaran menjadi  bentuk 3D. Kurang maksimalnya pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran membuat hasil belajar siswa cenderung rendah dan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuab untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan media, mengetahui hasil belajar pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan setelah penerapan media. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian experimen menggunakan desain penelitian pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan ialah siswa kelas XI TITL dan sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI TITL 1 yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar validasi, angket, dan soal tes. Analisis data yang digunakan ialah uji paired sample t test dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor validasi sebesar 92,84% yang mana tergolong dalam kategori sangat baik. Kemudian respon siswa terhadap media pembelajaran berbantuan software assemblr edu mendapatkan skor sebanyak 76,60% yang tergolong dalam kategori baik. Diperoleh hasil rata-rata nilai pengetahuan sebelum adanya perlakuan (pretest) sejumlah 51,33 dengan setelah adanya perlakuan (posttest) sejumlah 85,67. Rata-rata hasil nilai sikap sebelum adanya perlakuan sejumlah 82,29 dengan setelah adanya perlakuan sejumlah 86,67. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan software assemblr edu sangat efektif, praktis untuk digunakan serta penerapan media pembelajaran berbantuan software assemblr edu dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik pengetahuan maupun sikap.

Technology that continues to develop so rapidly gives rise to a variety of learning applications that offer easy access, effectiveness, and interesting content. One of them is Assemblr edu application. Assemblr edu is an augmented reality application that presents learning concepts into 3D form. Lack of maximum utilization of media in learning activities makes student learning outcomes tend to be low and less than optimal. Purpose of this study to looking for effectiveness and practicality of the media, determine the learning outcomes of students' knowledge and attitudes before and after the application of the media. This research method used an experimental research method using pre-experimental design research design in the form of one-group pretest-posttest design. In this study, the population used was XI TITL class students and the sample in this study was XI TITL 1 class students totaling 30 students. Data collection techniques used consisted of validation sheets, questionnaires, and test questions. Data analysis used paired sample t test with normality test. Based on the results of the analysis, validation score was 92.84% which was classified as very good. Then the students' response to the learning media assisted by assemblr edu software received a score of 76.60% which is classified in the good category. Average of knowledge score before treatment (pretest) was 51.33 with 85.67 after treatment (posttest). Average value of attitude before treatment was 82.29 with 86.67 after treatment. It can be concluded that learning media assisted by assemblr edu software is very effective, practical to use and the application of learning media assisted by assemblr edu software can improve student learning outcomes both knowledge and attitudes. 

References

Hilir, Teknologi Pendidikan di Abad Digital. klaten: lakeisha, 2021.

A. S. dkk Sadiman, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Musfiqon, Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2017.

N. Sudjana, Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012.

Juhari, Instalasi Motor Listrik Semester 3 Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Lestari, D. W., Rusimamto, P. W., Harimurti, R., & Agung, A. I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 225–232. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p225-232

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1007 , PDF Downloads: 2341