Pengaruh Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 2 Surabaya

Authors

  • Rachma Ika Puspita State University of Surabaya
  • Tri Wrahatnolo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p178-185

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh dari keterampilan metakognitif dan berpikir kritis akan hasil belajar siswa program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Surabaya. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one shot case study yang mengaplikasikan instrumen kuesioner, tes, dan penilaian keterampilan. Analisis data yang digunakan two way ANOVA untuk memahami pengaruh dari tiap variabel. Hasilnya yaitu ada efek dari metakognitif dengan nilai  sebesar 98,889 (p<0,05), terdapat efek dari berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan hasil perhitungan F adalah 27,139 (p<0,05). Selain itu, jika diamati secara bersamaan ada keterkaitan antara keterampilan metakognitif dan berpikir kritis pada nilai siswa dikarenakan hasil  3,480 (p<0,05). Nilai  dari ketiga variabel adalah 3,14 dimana <  maka dapat diputuskan bahwa metakognitif dan berpikir kritis berkaitan serta mendapatkan efek terhadap hasil belajar. Dilihat dari data, siswa yang memiliki keterampilan tinggi maka hasil yang didapat juga tinggi dan berlaku sebaliknya, siswa yang keterampilannya rendah hasil belajarnya juga rendah sehingga guru, siswa, dan orang tua perlu untuk melatih dan mengembangkan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis dikarenakan pada masa mendatang yang akan dijalani oleh siswa bukan hanya pada bidang jurusannya saja tetapi juga berbagai permasalahan kompleks yang lain baik di sekolah ataupun industri.

Downloads

Published

2023-07-22

How to Cite

Puspita, R. I., & Wrahatnolo, T. . (2023). Pengaruh Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 2 Surabaya. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 178–185. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p178-185

Issue

Section

Articles
Abstract views: 111 , PDF Downloads: 236