Pengaruh Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar SMK Negeri 2 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p178-185Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh dari keterampilan metakognitif dan berpikir kritis akan hasil belajar siswa program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Surabaya. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain one shot case study yang mengaplikasikan instrumen kuesioner, tes, dan penilaian keterampilan. Analisis data yang digunakan two way ANOVA untuk memahami pengaruh dari tiap variabel. Hasilnya yaitu ada efek dari metakognitif dengan nilai sebesar 98,889 (p<0,05), terdapat efek dari berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan hasil perhitungan F adalah 27,139 (p<0,05). Selain itu, jika diamati secara bersamaan ada keterkaitan antara keterampilan metakognitif dan berpikir kritis pada nilai siswa dikarenakan hasil 3,480 (p<0,05). Nilai dari ketiga variabel adalah 3,14 dimana < maka dapat diputuskan bahwa metakognitif dan berpikir kritis berkaitan serta mendapatkan efek terhadap hasil belajar. Dilihat dari data, siswa yang memiliki keterampilan tinggi maka hasil yang didapat juga tinggi dan berlaku sebaliknya, siswa yang keterampilannya rendah hasil belajarnya juga rendah sehingga guru, siswa, dan orang tua perlu untuk melatih dan mengembangkan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis dikarenakan pada masa mendatang yang akan dijalani oleh siswa bukan hanya pada bidang jurusannya saja tetapi juga berbagai permasalahan kompleks yang lain baik di sekolah ataupun industri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.