Pengembangan E-Modul Sanitasi dan Higiene Berbasis Heyzine Flipbooks Bagi Peserta Didik Kuliner Kelas X

Authors

  • Zea Rahmadina Jauhari Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya
  • Nugrahani Astuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p153-165

Abstract

Skripsi ini memiliki tujuan penelitian yaitu: (1) Mengetahui hasil pengembangan e-modul Sanitasi dan Higiene berbasis Heyzine Flipbooks bagi peserta didik Kuliner kelas X, (2) Mengetahui kelayakan e-modul Sanitasi dan Higiene berbasis Heyzine Flipbooks bagi peserta didik Kuliner kelas X, dan (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap e-modul Sanitasi dan Higiene berbasis Heyzine Flipbooks bagi peserta didik Kuliner kelas X.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan dengan mengembangkan e-modul. Subjek penelitian adalah peserta didik Kuliner kelas X (sepuluh) dan objeknya adalah e-modul Sanitasi dan Higiene berbasis Heyzine Flipbooks. Instrumen penelitian menggunakan angket kelayakan e-modul oleh ahli materi dan ahli media, serta angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) E-Modul Sanitasi dan Higiene berbasis Heyzine Flipbooks dapat diakses melalui ponsel atau komputer secara online maupun offline. E-modul dapat diakses melalui link atau QR. (2) Hasil rata-rata validasi kelayakan e-modul Sanitasi dan Higiene berbasis Heyzine Flipbooks adalah 94% dan 90%, menunjukan e-modul dinilai “Sangat Layak” untuk digunakan dalam pembelajaran, dan (3) Hasil rata-rata respon peserta didik adalah 94%, menunjukkan respon mereka “Sangat Baik”.

Kata kunci: pengembangan, e-modul, sanitasi dan higiene

Downloads

Published

2023-07-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 239 , PDF Downloads: 164