PENGARUH MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKKR KELAS XI TKR DI SMKN 1 JABON

Authors

  • Satria Pinandhita Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Nurjannah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p125-133

Abstract

SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal pada jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didiknya untuk bekerja dalam bidang tertentu. Tuntutan ini mengharuskan guru dan peserta didik beradaptasi dengan menciptakan suasana belajar yang memudahkan mencapai tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, hasil belajar serta respon peserta didik dari penerapan PBL pada materi sistem EFI mata pelajaran PKKR kelas XI TKR SMKN 1 Jabon. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimental design dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah XI TKR 1 sebagai kelas kontrol dan XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen. Kemudian untuk menganalisa data digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PBL berpengaruh secara signifikan, dibutikan melalui data yang diperoleh diuji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan diuji homogenitas menggunakan uji Levene dengan hasil nilai signifikansi semua data > 0,05 sehingga data dinyatakan normal dan homogen. Kemudian diuji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan hasil nilai signifikansi 0,001< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Hasil belajar kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan model PBL mengalami peningkatan 32,18 lebih besar dari kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan mengalami peningkatan 28,935. (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model PBL mendapat rata-rata presentase 85,627% sehingga dapat dikategorikan pada kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi sistem EFI mata pelajaran PKKR dibuktikan dengan hasil independent sample t-test, hasil belajar pada kelas eksperimen serta respon peserta didik terhadap penerapan model PBL.

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 623