PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN BODY MOBIL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 2 SURABAYA

Authors

  • RISMA SUFI LESTARI - UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Wahyu Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p93-101

Abstract

Pentingnya penggunaan media pembelajaran trainer dan juga lamanya jam pelajaran di setiap pertemuan dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik menjadi semakin rendah dan rata-rata keseluruhan hasil belajar peserta didik yang tidak optimal. Maka berasal data yang telah didapatkan, peneliti berfokus pada pengoptimalan penggunaan Trainer Kelistrikan Body Mobil terhadap hasil belajar peserta didik di SMKN 2 Surabaya. Peneliti akan menganalisa pengaruh pengunaan Media Pembelajaran Trainer Kelistrikan Body mobil khususnya pada SMKN 2 Surabaya. Metode eksperimen ini memakai Pre-Experimental Design (One-Group Pretest-Posttest Design). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer kelistrikan body mobil sangat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai t hitung sebesar 25,34. Karena t hitung > t tabel (25,34 > 1,96), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dilakukan dengan SPSS 25, nilai Sig. (dua-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Kata Kunci: Pengaruh, Hasil Belajar, Trainer Kelistrikan.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

-, R. S. L., & Kurniawan, W. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER KELISTRIKAN BODY MOBIL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 2 SURABAYA. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 93–101. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p93-101

Issue

Section

Articles
Abstract views: 188 , PDF Downloads: 299