PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 1 JABON

Authors

  • Tagar Baharsyah Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Nurjannah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p115-124

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan masih konvensional dan kurang bervariasi, mengakibatkan semangat belajar menurun karena tingkat kebosanan siswa terhadap materi yang banyak maupun cara penyampaiannya. Sehingga secara tidak langsung dapat menurunkan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari nilai tugas mata pelajaran PMKR pada semester gasal 2022/2023 yang masih berada pada indikator belum memuaskan. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar untuk siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Jabon serta respon siswa terhadap pembelajaran PBL tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan model quasi eksperimental yang memakai pendekatan nonequivalent control group design. Untuk teknik analisis data dalam penelitian ini mengadakan pretest-posttest yang kemudian hasilnya diolah dengan uji homogen, normalitas, dan hipotesis. Pada uji normalitas menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov maupun Saphiro-Wilk, didapatkan nilai signifikasi (sig) untuk semua data dari kelas kontrol maupun kelas eksperimen lebih dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa data yang diperoleh terdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh bahwa nilai sig dari test of homogeneity of variance sebesar 0,927>0,05 pada kedua kelas yang artinya data bersifat homogen dan dapat me-wakili variasi. Uji hipotesis menggunakan uji independent samples t test dan hasil yang diperoleh yaitu bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,034 kurang dari 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji hipotesis dan turunannya diperoleh bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,034 lebih kecil (>) dari 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Maka model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK negeri 1 Jabon. Dari hasil angket respon, model pembelajaran yang digunakan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat merangsang mereka untuk menyerap pengetahuan baik itu yang diberikan maupun yang mereka cari sendiri. Hal ini dibuktikan dari penilaian siswa terhadap model pembelajran problem based learning mendapatkan nilai persentase sebesar 76,32%, dimana nilai tersebut jika didasarkan pada kriteria respon penerimaan siswa pada model pembelajaran problem based learning masuk dalam kategori baik.

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 396