Pengembangan Handout Inventor Drawing untuk Mendukung Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMKN 1 Kediri

Authors

  • Edwin Fitkirana Edwin Universitas Negeri Surabaya
  • Wahyu Kurniawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p66-73

Abstract

Kondisi perkembangan zaman menuntut siswa SMK mempunyai bekal ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya dalam penggunaan software computer aided design (CAD). Dalam proses pembelajaran didapati permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam menggunakan software autodesk inventor khususnya pada fitur drawing yang disebabkan ketertinggalan siswa dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan persentase kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP) yang harus dicapai sebesar 65%, namum hanya diperoleh persentase sebesar 57,14% atau 20 dari 35 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan handout sebagai buku pegangan untuk mendukung pembelajaran dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan handout. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 1 Kediri sebanyak 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebar angket validasi ahli dan angket respon siswa yang dilakukan saat uji coba menggunakan metode pre-eksperimental design model one-group pretest-posttest. Hasil penelitian diperoleh persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 89,3%, ahli desain 85%, dan ahli bahasa 90% dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 88,1% sehingga termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kelulusan hasil belajar siswa pada saat pre-test diperoleh sebesar 8,57% atau 3 dari 35 siswa yang memenuhi KKM dan kelulusan pada saat post-test sebesar 57,14% atau 20 dari 35 siswa yang memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kelulusan. Hasil dari respon siswa diperoleh persentase sebesar 84,52% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik.

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 132 , PDF Downloads: 296