PENGARUH PENERAPAN WEBSITE E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PKKR DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Authors

  • Ika Nurjannah Universitas Negeri Surabaya
  • Sisca Aprilliana Universitas Negeri Surabaya
  • Handini Novita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Arizal Universitas Negeri Surabaya
  • I Made Arsana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p56-65

Abstract

Pandemi covid-19 yang berlangsung secara global memiliki banyak dampak di Indonesia, pada sector pendidikan dampak covid-19 mengakibatkan adanya larangan pembelajaran secaralangsung atau  tatap muka dan beralih menjadi pembelajaran secara daring. Website e-learning merupakan solusi di dunia pendidikan sebagai  layanan yang menawarkan fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemic covid-19. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa respon dan hasil belajar siswa terhadap penerapan website e-learning dalam pembelajaran mata pelajaran PKKR kelas XI TKRO di SMK Negeri 2.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pendekatan eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain Pre-test dan post-test control design. Dalam desain ini terdapat dua kelas yang mana kelas pertama diberi perlakuan (treatment) sedangkan kelas yang lain tidak diberi perlakuan. Sampel berjumlah 64 siswa dari kelas XI TKRO 1 berjumlah 33 siswa dan XI TKRO 2 dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket respon siswa, pre test dan post test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Respon siswa kelas XI TKRO SMK Negeri 2 Surabaya terhadap pembelajaran online melalui website e-learning adalah “Baik” dengan rata-rata sebesar 66,33%.  Serta Penerapan website e-learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 61% (Baik).

 Kata Kunci: Website E-learning, Penelitian kuantitatif, Eksperimen, Respon siswa, Hasil Belajar

Downloads

Published

2023-07-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 69 , PDF Downloads: 114