MEDIA SIMULASI KELISTRIKAN AC BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH PRAKTIK AC MOBIL

Authors

  • Heru Arizal Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Hasbi Ramadani Universitas Negeri Surabaya
  • Muamar Zainul Arif Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p15-23

Abstract

Memasuki era digital seperti sekarang ini, pendidikan perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan kemajuan, dimana potensi teknologi ini dapat menciptakan ruang baru yang dibutuhkan untuk memfasilitasi pembelajaran kegiatan penggunaan TIK dalam aspek pendidikan telah mampu mereformasi proses belajar mengajar. Selain itu TIK telah mampu menciptakan individu untuk dapat belajar dan mengakses sumber belajar di luar sekolah. Penggunaan media secara kreatif dapat memperlancar dan meningktakan efisiensi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Pengembangan media berbasis digital dirasa sangat cocok digunakan untuk mata kuliah praktik AC mobil. Praktik Ac mobil terdapat sub materi berupa kelistrikan AC mobil, dimana mahasiswa banyak yang mengeluhkan kesulitan merangkai dan rasa takut terjadinya kecelakaan kerja misalnya terbakar. Oleh sebab itu maka dikembangkankan media pembelajaran simulasi kelistrikan AC mobil berbasis WEB guna mempermudah dalam belajar dan meningkatkan keefektifan dan hasil belajar mahasiswa.

Dipenelitian ini diperoleh media yang dikembangkan mendapatkan predikat “sangat layak” dari validasi ahli media maupun materi. Media sudah di kategorikan sangat layak, maka media tersebut dilakukan penerapan pada kegiatan pembelajaran praktik AC mobil. Setelah dilakukan implementasi didapatkan respon dari mahasiswa “sangat baik”. Mereka merasa sangat puas dalam penggunaan media simulasi dalam mempermudah mempelajari cara merangkai kelistrikan AC mobil. Hasil belajar mahasiswa juga mendapatkan hasil yang sangat memuaskan, dimana 100% mahasiswa mampu menyelesaikan post-test (unjuk kerja). Guna untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran simulasi dilakukan pengujian N-gain. Hasil yang diperoleh dari perhitungan N-gain adalah efektivitas penggunaan media pembelajaran simulasi dikategorikan “sedang”.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Arizal, H., Ramadani, A. H. ., & Arif, M. Z. . (2023). MEDIA SIMULASI KELISTRIKAN AC BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH PRAKTIK AC MOBIL. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 15–23. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p15-23

Issue

Section

Articles
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 91