PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CANVA PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI MEKANIK

Authors

  • Ali Hasbi Ramadani Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Arizal Universitas Negeri Surabaya
  • Imami Arum Tri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p1-8

Abstract

Pasca pandemic, Proses pembelajaran mengalami perubahan yang sangat signifikan, ditambah lagi era globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut proses pembelajaran juga harus beradaptasi.  Penerapan sistem pendidikan mulai mengarah pada hybrid,  maka diperlukan kreasi dalam penerapan proses pembelajaran kedepan,. Kemajuan teknologi dapat membuat metode pengajaran alternatif menjadi lebih interaktif untuk mengundang mahasiswa untuk lebih fokus pada pembelajaran. Kemajuan teknologi ini dapat mengirimkan konsep secara visual dan memungkinkan mahasiswa untuk mengasimilasi informasi yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan canva,  menguji kelayaknya, serta menerapkan hasil pengembangan untuk mengetahui hasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and development) dengan menggunakan model pengembangan Peter Fenrich. Subjek adalah mahasiswa semester 1 tahun pelajaran 2021-2022 yang memprogram matakuliah teknologi mekanik yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Uji t 2 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes, yang terdiri dari angket kelayakan pengembangan media pembelajaran, tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa pada penerapan modul pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan canva

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Hasbi Ramadani, A., Arizal, H., & Rahayu, I. A. T. (2023). PENERAPAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB MENGGUNAKAN CANVA PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI MEKANIK. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p1-8

Issue

Section

Articles
Abstract views: 225 , PDF Downloads: 393