PENERAPAN KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS

Authors

  • Octaverina Pritasari Universitas Negeri Surabaya
  • Biyan Yesi Wilujeng Universitas Negeri Surabaya
  • Novia Restu Windayani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48

Abstract

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terdiri dari unsur sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Berdasarkan CPL tersebut penyusunan kurikulum suatu program studi dapat dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menyoroti bagaimana penerapan Outcome Based Education (OBE) Pada  Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka Di Prodi S1 Pendidikan Tata Rias. Data pada penelitian ini adalah data perhitungan pencapaian PLO, yang diperoleh dari perhitungan nilai pada setiap mata kuliah.Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitaif kualitatif.  Pengukura nketercapaian PLO dilakukan oleh dosen pengampu matakuliah (MK) dan program studi. Hasil Analisa Capaian PLO Prodi S1 Pendidikan Tata Rias untuk kriteria Baik Sekali/High Distinction paling besar adalah pada PLO 8 sebesar 35,80%. Untuk  persentase kriteria siswa yang Gagal/Fail paling besar yaitu pada PLO 7

 

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). PENERAPAN KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 41–48. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48

Issue

Section

Articles
Abstract views: 506 , PDF Downloads: 612