PENGARUH VIDEO BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMROGRAMAN DASAR

Authors

  • Yeni Anistyasari
  • Febri Riza Fazain Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p44-51

Abstract

Kemajuan teknologi video dalam pendidikan menjadi pesat karena penggunaan gadget, peningkatan jumlah pengguna Internet dan kursus online yang masif. Video pembelajaran online semakin dapat diterima dengan baik oleh siswa maupun guru. Selain mendukung siswa dalam belajar, pembelajaran berbasis video telah terbukti menjadi alat refleksi yang kuat bagi guru serta signifikan dalam konteks pengembangan profesional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran berbasis video untuk membantu guru dalam memperluas pemahaman siswa tentang algoritma pemrograman berbasis video. Selain itu, analisis ini memberikan kemungkinan pembelajaran berbasis video yang dapat meningkatkan pembelajaran guru/siswa dan kualitas keseluruhan pengalaman kelas. Responden penelitian ini adalah 62 siswa SMK yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Siswa di kelas kontrol diberikan modul teks sedangkan siswa di kelas eksperimen diberikan video based learning dengan materi yang sama. Kemampuan pemrograman dasar diukur melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemrograman dasar siswa di kelas eksperimen lebih unggul daripada siswa di kelas kontrol.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 142 , PDF Downloads: 406