Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tata Rias Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tata Rias Outcome Based Education (OBE)

Authors

  • Nia Kusstianti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Dwiyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Usodoningtyas Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p1-9

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model R & D (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias yang berbasis OBE (Outcome-Based Education). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi melalui angket. Pengumpulan data awal dilakukan pada para alumni S1 Pendidikan Tata Rias sebagai pengguna yang berprofesi sebagai  guru. Angket juga digunakan untuk menilai produk awal berupa kurikulum yang telah dikembangkan dan dinilai oleh  4 orang ahli kemudian dianalisis menggunakan persentase. Hasil penilaian dari para ahli adalah kurikulum yang dihasilkan sudah berfokus pada capaian pembelajaran lulusan, kurikulum sudah mengembangkan keterampilan baru untuk mempersiapkan lulusan pada dunia kerja, kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna, kurikulum sudah menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif dan efektif, kurikulum sudah menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, kurikulum sudah memberikan keragaman sumber belajar, strategi pengajaran pada kurikulum sudah brdasarkan capaian pembelajaran, materi pembelajaran pada kurikulum sudah mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi, pembelajaran pada kurikulum sudah berorientasi pada keterampilan dalam kompetensi bidang pendidikan dan pengajaran, fasilitas pembelajaran pada kurikulum belum memadai baik dari jumlah maupun kualitas.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 423 , PDF Downloads: 382