PEWARNAAN TEKSTUR BAHAN SESUAI DESAIN DI SMK NEGERI 3 MALANG

COLORING TEXTURE OF MATERIALS ACCORDING TO DESIGN AT SMK NEGERI 3 MALANG

Authors

  • Almira Firda Amalia Universitas Negeri Malang
  • Nurul Aini Universitas Negeri Malang
  • Rizki Yulianingrum Pradani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p26-32

Abstract

Pada tahap awal peneliti melakukan observasi saat Kajian Praktik dan Lapangan, serta wawancara dengan guru pengajar terkait, kemudian mendapatkan beberapa kendala yaitu media pembelajaran berupa video tutorial yang kurang sesuai bahasa, waktu, dan cara penyampaiannya, sehingga siswa tidak bisa memahami materi dengan maksimal, berdasarkan hal tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial yang dapat lebih dipahami, kreatif, menarik perhatian, serta dapat di praktekkan dengan mudah bagi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Malang. Model penelitian pengembangan yang diterapkan ialah ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. uji validasi dilakukan terlebih dahulu oleh para ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan. Hasil uji validasi yang para ahli materi, dan ahli media lakukan, dinyatakan sangat layak, selanjutnya peneliti melanjutkan uji coba lapangan melalui angket yang disebar ke siswa kelas XI dan XII Jurusan Tata Busana dan Desain Fesyen di SMK Negeri 3 Malang dan mendapatkan total skor 86,69% sehingga dinyatakan sangat layak. Berdasarkan data hasil penelitian diatas disimpulkan jika pengembangan video tutorial teknik pewarnaan tekstur bahan sesuai desain di SMK Negeri 3 Malang terkualifikasi sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Saran pengembangan selanjutnya adalah dapat menambahkan animasi yang lebih menarik, serta dapat menambahkan macam teknik pewarnaan lainnya.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 98 , PDF Downloads: 153