The POTENSI PENGGUNAAN VIDEO SCRIBE DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN

Authors

  • Puji Dwi Pangestu Universitas Negeri Surabaya
  • Rizdana Galih Pembudi
  • Apria Nur Eka Falah Universitas Negeri Surabaya
  • Akbar Sena Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Mustafa Universitas Negeri Surabaya
  • Fendi Achmad Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p36-40

Abstract

Videoscribe merupakan jenis media pembelajaran yang memudahkan peserta didik dalam menyerap pemahaman materi yang diberikan oleh guru. Dengan menerapkan media audiovisual sebagai penyajian informasi dengan tujuan mampu mengoptimalkan motivasi dan rasa penasaran mahasiswa untuk mempelajari dan memahami materi melalui dokumen yang disajikan menarik dan mudah dipahami serta dapat diunduh sesuai dengan preferensi mahasiswa. Metode pembelajaran dengan menfaatkan power point sebagai media pembelajaran dengan ceramah dalam menyampaikan materi dirasa kurang efektif diterapkan disituasi sekarang karena menjadikan mahasisiwa pasif, jenuh dalam waktu yang lama, dan timbul kesenjangan penyerapan informasi antara mahasiswa auditif dengan mahasiswa visual. Upaya yang mampu dilakukan dalam meminimalkan kesenjangan tersebut adalah mengganti metode pembelajaran yang mengandalkan auditif menjadi metode pembelajaran yang mampu mengakomodir auditif dan visul secara bersamaan, salah satunya dengan metode pembelajaran dengan menggunakan videoscribe sebagai media pembelajaran. Videoscribe merupakan jenis media pembelajaran berbentuk video yang menunjang kreativitas, inovasi, dan penguasaan teknologi agar mampu menciptakan hasil yang optimal sehingga efektivitas penggunaan video scribe sebagai media pembelajaran dapat menunjang kualitas proses pembelajaran secara daring mahasiswa jurusan teknik mesin universitas negeri surabaya sehingga mampu mengoptimalisasi kemampuan psikomotorik dan adiktif yang didapatkan oleh mahasiswa.

Kata kunci : video scribe,media pembelajaran,potensi,optimalisasi,hasil belajar

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 116 , PDF Downloads: 182