PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN MBKM PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS

Authors

  • Biyan Yesi Wilujeng Universitas Negeri Jakarta
  • Novia Restu Windayani Universitas Negeri Surabaya
  • Nike Andinawijaya Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v4n1.p31-35

Abstract

Penelitian ini tentang Pengembangan Buku Pedoman MBKM Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias. Tujuan Penelitian ini ada;ah:Untuk mengetahui kelayakan buku pedoman MBKM S1 Pendidikan Tata Rias Unesa. Penelitian ini dilaksanakan pada program studi S1 Pendidikan Tata Rias Jurusan Pendidikan Kesejahreraan Keluarga Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias. Rancangan penelitian menggunakan ADDIE, yaitu (1). Analize, (2) Design, (3) Develop and Implement, (4) Evalualuate. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kelayakan buku pedoman MBKM Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias. Data hasil penelitoan dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata hasil yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan hasil: buku MBKM rata-rata nilai tertinggi terdapat pada aspek materi sebesar 4,6 (sangat layak) karena dari aspek materi berisikan tentang panduang pelaksanaan MBKM yang sudah disesuaikan secara nyata pada prodi S1 Pendidikan Tata Rias Unesa. Rata – rata penilaian ke dua pada aspek penyajian mendapat rata – rata skor 4,4 (sangat layak) karena buku MBKM menyajikan secara runtut urutan yang harus dilalui baik mahasiswa ataupun dosen saat mengaplikasikan MBKM bidang tata rias. Rata – rata aspek bahasa mendapatkan skor 4,2 (sangat layak) karena bahasa yang digunakan menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan EYD. Rata –rata yang mendapatkan skor terendah adalah pada aspek grafika (4,0) layak, karena untuk penataan gambar, tata letak tulisan belum begitu bagus.

 

    Kata Kunci: Buku Pedoman, MBKM, Kelayakan

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 129 , PDF Downloads: 159