PELATIHAN PEMANFAATAN MARKET PLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI SIDOARJO

Authors

  • Yeni Anistyasari
  • Ari Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ardhini Warih Utami Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n2.p33-39

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi budaya masyarakat dalam berbelanja. Dahulu, orang pergi ke pasar atau toko ketika membeli suatu barang tetapi saat ini transaksi jual beli dapat dilakukan tanpa harus berpindah tempat. Cukup menggunakan ponsel atau di depan komputer, orang dapat bertransaksi jual beli. Keadaan ini mendorong pertumbuhan jual beli online di Indonesia. Sebagian besar anggota IKM Kabupaten Sidoarjo memiliki kegiatan wiraswasta sampingan untuk membantu perekonomian keluarga yang dipasarkan secara offline atau door to door. Mereka mengaku kesulitan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu meningkatkan omzet penjualan. Oleh karena itu, pelatihan penggunaan market place perlu dilakukan. Pelatihan ini dilakukan kepada pelaku IKM di Kecamatan Tanggulangin agar omzet penjualan meningkat tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Kegiatan ini memilih menggunakan marketplace sebagai media pemasaran karena kemudahan bagi calon penjual untuk menawarkan barang dagangan tanpa syarat yang rumit. Dari hasil pelatihan dan pendampingan diperoleh hasil bahwa pelaku IKM terbantu karena mengalami peningkatan pendapatan setelah menggunakan marketplace untuk mempromosikan barang yang dijual.

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 143 , PDF Downloads: 113