PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH STRUKTUR KAYU MATERI SAMBUNGAN KAYU BERBASIS PJBL

Authors

  • M. Agphin Ramadhan Universitas Negeri Jakarta
  • Santoso Sri Handoyo Universitas Negeri Jakarta
  • Wildan Satria Kinasih Gusti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n2.p26-32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul pada mata kuliah struktur kayu materi sambungan kayu berbasis Project Based Learning, dengan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, adapun tahapan dari model tersebut mulai dari (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data analisis kebutuhan, kelayakan produk oleh validator ahli materi dan ahli media, dan penilaian produk oleh mahasiswa sebagai pengguna. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan mulai dari bulan Januari - Agustus 2021. Hasil dari pengembangan produk adalah bahan ajar modul. Hasil validasi dari ahli media dengan nilai validasi sebesar 76,50 (skala 100) menyatakan modul dapat digunakan  dengan kriteria validasi layak. Hasil validasi dari ahli materi menyatakan modul dapat digunakan dengan revisi dengan nilai validasi 70,90 (skala 100) kriteria validasi layak. Pada penilaian produk oleh mahasiswa didapatkan hasil rata-rata skor sebesar 4,32 (skala 5) dengan kategori sangat baik dan hasil data uji coba terbatas mendapatkan peningkatan nilai rata rata, yaitu nilai pre-test 49,00 (skala 100) dan post-test 78,00 (skala 100). Penilaian yang diberikan cenderung konsisten sehingga validitasnya dapat dipertanggungjawabkan dan bahan ajar modul layak digunakan.

References

<p class="References">[1]   Ahmad, A. (2012). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA. <em>Dakwah Tabligh</em>, <em>13</em>, 137149.</p><p class="References">[2]   Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. <em>Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam</em>, <em>8</em>(1), 3143. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095</p><p class="References">[3]   Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. <em>Halaqa: Islamic Education Journal</em>, <em>3</em>(1), 3543. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124</p><p class="References">[4]   Danasasmita, E. K. (2010). <em>SILABUS STRUKTUR KAYU I</em>. Bandung: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil Universitas Negeri Jakarta.</p><p class="References">[5]   Forum Komunikasi Hutan dan Kehutanan Indonesia. (2018, October). Kayu dan Produksi Kayu; Peluang Di tengah Tensi Panas AS-China. <em>Hutan Indonesia</em>. https://doi.org/ISSN 1411-2493</p><p class="References">[6]   Gunawan, Y., &amp; Harjanti, D. (2013). PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN KAYU PADA CV. KARYA JAYA NUSANTARA DI SURABAYA. <em>AGORA</em>, <em>1</em>(1).</p><p class="References">[7]   Kehutanan, S. S. (2017). <em>Statistik Produksi Kehutanan 2016</em>. Jakarta: Badan Pusat Statistik.</p><p class="References">[8]   Kehutanan, S. S. (2018). <em>Statistik Produksi Kehutanan 2017</em>. (Subdirektorat Statistik Kehutanan, Ed.). Jakarta: Badan Pusat Statistik.</p><p class="References">[9]   Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. <em>Jurnal Media Infotama Vol.15</em>, <em>15</em>(2).</p><p class="References">[10]          Kuswanto, J., &amp; Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. <em>Jurnal Media Infotama Vol.14</em>, <em>14</em>(01), 1520.</p><p class="References">[11]          Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., &amp; Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? <em>Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK)</em>, <em>2</em>(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24</p><p class="References">[12]          Moh Ainin. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. <em>Okara</em>, <em>2</em>.</p><p class="References">[13]          Mulyatiningsih, E. (2011). <em>Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik</em>. (Apri Nuryanto, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: UNY Press.</p><p class="References">[14]          Nurfitriyanti, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. <em>Jurnal Formatif 6(2)</em>, 149160.</p><p class="References">[15]          Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. <em>EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar</em>, <em>9</em>(2), 9398. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039</p><p class="References">[16]          Poerwanti Hadi Pratiwi, Nur Hidayah,  dan A. M. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. <em>Jurnal Cakrawala Pendidikan</em>, (2), 201209.</p><p class="References">[17]          Subdirektorat Statistik Kehutanan. (2019). <em>Statistik produksi kehutanan 2018</em>. (Subdirektorat Statistik Kehutanan, Ed.). Jakarta: Badan Pusat Statistik.</p><p class="References">[18]          Supriyanto, A. K. (2019). PENGOLAHAN LIMBAH PRODUKSI MEBEL KAYU SEBAGAI PRODUK INOVATIF DI DESA MANGGUNG KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI.</p><p class="References">[19]          Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. <em>Jurnal Komunikasi Pendidikan</em>, <em>2</em>(2), 103114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113</p><p class="References">[20]          Utami, T. N., Jatmiko, A., &amp; Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. <em>Desimal: Jurnal Matematika</em>, <em>1</em>(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388</p>

Downloads

Published

2022-03-17

Issue

Section

Articles
Abstract views: 508 , PDF Downloads: 612