PENGEMBANGAN TRAINER LENGAN ROBOT 5 DOF OTOMATIS BERBASIS CM530 SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMKN 1 SIDOARJO

Authors

  • Johan Efendi Firdaus Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syariffuddien Zuhrie

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n1.p44-49

Abstract

ABSTRAK

Validitas merupakan suatu tolak ukur produk yang dikembangkan dari beberapa aspek. Tujuan dari penelitian ini supaya memperoleh kelayakan dari media pembelajaran trainer lengan robot 5 DOF otomatis berbasis CM530 meliputi ranah keefektifan, kepraktisan, dan validitas pembelajaran yang di lakukan pada SMKN 1 Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode One-Shot Case Study.    Pengujian jobsheet dan trainer dilakukan pada anak didik di kelas XI TAV2 SMKN 1 Sidoarjo Dengan peserta sebanyak 9 anak didik. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi jobshee, validasi trainer, angket kepraktisan jobsheet, angket kepraktisan trainer, dan lembar penilaian anak didik. Hasil dari penelitian ini adalah kevalidan pada jobsheet sebesar 92,27% dan pada trainer sebesar 92,7%. Hasil dari keefektifan jobsheet dan  trainer dapat dikatakan  efektif , jika mendapatkan hasil belajar siswa pada rana psikomotor bernilai rerata 79,44, pada ranah kognitif bernilai rerata 85 , serta nilai akhir bernilai rerata 82,22, nilai pada thitung sebesar 5,64 dan df bernilai 8 sehingga memperoleh signifikansi ,000 Sedangkan, persentase respon siswa atas kepraktisan menunjukkan hasil 90,92%. Dari hasil penelitian, maka hasil dari penelitian ini adalah jobsheet dan trainer yang layak meliputi kepraktisan, keefektifan, dan validitas pada pembelajaran di SMKN 1 Sidoarjo

   

Kata Kunci: Trainer, Lengan robot, CM530

ABSTRACT

Validity is a measure of a product developed from several aspects. The purpose of this study was to obtain the feasibility of learning media for automatic 5 DOF robot arm trainer based on CM530 covering the aspects of effectiveness, practicality, and validity of learning carried out at SMKN 1 Sidoarjo. The method in this study uses the One-Shot Case Study method. Jobsheet and trainer testing was carried out on students in class XI TAV2 SMKN 1 Sidoarjo with 9 students. In this study, using a jobsheet validation sheet instrument, trainer validation, jobsheet practicality questionnaire, trainer practicality questionnaire, and student assessment sheets.The results of this study were the validity of the jobsheet for 92.27% and for the trainer at 92.7%. The results of the effectiveness of the jobsheets and trainers can be said to be effective, if you get student learning outcomes in the psychomotor shutter, the average value is 79.44, the cognitive realm has a mean score of 85, and the final score is 82.22, the tcount value is 5.64 and df is worth 8 so that it gets a significance of, 000 Meanwhile, the percentage of student responses to practicality shows the results of 90.92%. From the research results, the results of this study are a proper jobshee t and trainer covering practicality, effectiveness, and validity of learning at SMKN 1 Sidoarjo. Keywords: Trainer, Robot arm, CM530.

 

Keywords: Trainer, Robot Arm, CM530.

 

References

[1] Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[2] Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[3] Cempaka, Fachrunia. 2016. Rancang Bangun Lengan Robot Sebagai Alat Pemindah Barang Berdasar-kan Warna Menggunakan Sensor Fotodioda. Pontianak. Jurnal Coding.
[4] Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
[5] Husain, M. Maulana . 2018. Pengembangan Trainer Lengan robot 6 DOF Berbasis CM530 Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Robotik di SMK Negeri 2 Bojo-negoro. (Tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
[6] Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
[7] Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pemdidikan, Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
[8] Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
[9] Widoyoko, Eko Putro. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 188 , PDF Downloads: 211