IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN VINESA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Ali Hasbi Ramadani Universitas Negeri Surabaya
  • Heru Arizal
  • Ferly Isnomo Abdi

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n1.p38-43

Abstract

ABSTRAK

Tatanan pendidikan pasca mewabahnya covid-19 mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dunia Pendidikan juga dituntut untuk bisa bersahabat dengan jarak. Dalam pendidikan yang serba terbatas ini pembelajaran daring menjadi satu-satunya pilihan demi terus berlangsungnya usaha mencerdaskan anak bangsa. Pembelajaran daring yang dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan pembelajaran daring berbasis vinesa yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengumpulkan dan menganalisa data langsung yang berasal dari responden sebagai user vinesa kemudian dianalisis dan divalidasi menggunakan metode trianggulasi untuk mendapatkan data yang valid. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring berbasis vinesa sangat mudah dan memiliki tampilan yang cukup baik, memiliki tools yang mudah dipahami user, Serta memiliki berbagai macam media materi yang menarik. Namun demikian vinesa juga memiliki kekurangan yaitu penggunaanya cukup memerlukan kuantitas kuota yang cukup banyak

                                                                                                                 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Vinesa, Pendidikan Teknik Mesin.

 

ABSTRACT

The educational structure after the Covid-19 outbreak underwent significant changes. The world of education is also required to be friendly with distance. In this limited education, online learning is the only option for continuing efforts to educate the nation's children. One of the ways to do online learning is by using vinesa-based online learning developed by the State University of Surabaya. The method used in this research is quantitative research with a descriptive approach. This study collected and analyzed direct data from respondents as vinesa users then analyzed and validated using the triangulation method to obtain valid data. This research shows that vinesa-based online learning is very easy and has a pretty good appearance, has tools that are easy for users to understand, and has a variety of interesting media materials. However, Vinesa also has a disadvantage, namely that its use requires quite a large quantity of quota..

                                                                                                 

Keywords: Online Learning, Vinesa, Mechanical Engineering Education

 

References

[1] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo, 2017, P.32
[2] Aditya Rachman, Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2, Desember 2019. Tersedia: https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/download/21784/10705
[3] Agile Eldison Fitrada, Pengembangan Media Pembelajaran Elearning Berbasis Moodle Pada Kompeten-si Dasar Dasar Elektronika Di SMK Negeri 1 Tanjung Anom-Nganjuk, Jurnal Pendidikan Teknik El-ektro, Vol 4 No 2 tahun 2015 Tersedia: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/11499
[4] Henry Iskandar, Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Untuk Meningkatkan Kompetensi Motor-ik Berbasis Model Blended Learning, Journal of Mechanical Enginering Learning (JMEL) Vol 9 No 2 Desember 2020 Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jmel/article/download/42892/17575
[5] Hade Afriansyah. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video ELearning Moodle. Jurnal Bahana manajemen Pendidikan. Vol 8 No 1 2019. Tersedia: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/103852
[6] Hari Din Nugraha, Meta Analisis Model Pembelajaran Vokasi dalam Kondisi Covid-19, Jurnal Dina-mika Vokasional Teknik Mesin, Vol 5 No 2 Oktober 2020 Tersedia https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/download/34779/14291
[7] World Health Organization Group, Nonpharmaceutical Interventions for Pandemic Influenza Interna-tional Measures. Emerging Infectious Diseases. Vol 12, No. 1 January 2006 Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/7282082_Nonpharmaceutical_Interventions_for_Pandemic_Influenza_International_Measures
[8] Rachel Syring Ryan, The Effect of Online Discussion Forums on Student Learning and Student Percep-tion of Learning in a Science Course at the Community College Level, Dissertations, University of Southern Mississippi. Tersedia: https://aquila.usm.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1224&context=dissertations
[9] Sukardi, Pencapaian Hasil Belajar Teori Kejuruan Ditinjau Dari Presepsi Mahasiswa Pada Pembelajaran Online, Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, Vol 4 No 2 2019 Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/dynamika/article/view/27394/12555
[10] ols for Quantities, ANSI Standard Y10.5-1968.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 303 , PDF Downloads: 272