IMPLEMENTASI PENERAPAN TRACER STUDY PADA JURUSAN TEKNIK MESIN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Akhmad Hafizh Ainur Rasyid Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Hasbi Ramadani
  • Andita Nataria Fitri Ganda
  • Ferly Isnomo Abdi
  • Ika Nurjannah

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n1.p18-29

Abstract

ABSTRAK

Terbitnya Surat Edaran KEMENDIKBUD dan Rektor UNESA tentang Tindakan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19), maka UNESA menetapkan Work From Home (WFH) untuk para pegawainya dan mengubah konsep belajar di kelas menjadi belajar dalam jaringan (daring). Namun, sayangnya tidak semua mata kuliah bisa dilakukan dengan daring seperti praktek di laboratorium, dan mata kuliah Praktek Industri (PI)/Praktek Kerja Lapangan (PKL) padahal mata kuliah PKL dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan teori yang diperoleh untuk praktik di lapangan (dunia kerja). Adanya kebijakan WFH akan memunculkan penyesuaian pemberian materi pada mata kuliah praktik. Akankah sistem pembelajaran secara daring masih bisa relevan dengan kondisi di dunia kerja saat pandemi ini?. Untuk memperoleh informasi tentang kekurangan dalam proses pendidikan, maka diperlukam tracer study sehingga proses pendidikan dan proses pembelajaran saat pandemi dapat dievaluasi dan menjadi masukkan program studi di Jurusan Teknik Mesin. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif-analitik. Perolehan data dengan menyebarkan angket berupa google form secara daring kepada alumni. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisisnya berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)tidak semua metode pembelajaran berperan besar pada ketiga prodi Jurusan Teknik Mesin. 2)Jenis perusahaan tempat bekerja yang memiliki hubungan erat terhadap bidangnya adalah instansi pemerintah (termasuk BUMN), perusahaan swasta dan wiraswasta. 3)Daya saing alumni UNESA tinggi ketika memperoleh pekerjaan pertama. 4)Kompetensi saat lulus yang dibutuhkan seperti bahasa inggris, keterampilan internet, pengetahuan bidang disiplin ilmu, ketrampilan riset, dan bekerja dengan budaya yang berbeda.

      

Kata Kunci: Tracer Study, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring

 

ABSTRACT

The issuance of a Circular Letter from the Ministry of Education and Culture and the Chancellor of UNESA concerning Prevention Measures for the Spread of the Corona Virus Disease-19 (Covid-19), UNESA established Work From Home (WFH) for its employees and changed the concept of learning in class to learning online (brave). However, unfortunately not all courses can be done online such as practice in laboratories, and Industrial Practice (PI)., even though Industrial Practice (PI) can improve students' skills and abilities in applying the theories obtained to practice in the field (world of work). The existence of the WFH Policy will exempt buyers from materials in practical courses. Will the online learning system still be relevant to the conditions in the world of work today? To obtain information about deficiencies in the educational process, a tracer study is needed so that the education process and learning process during a pandemic can be evaluated and become a member of the study program in the Department of Mechanical Engineering. This research approach is qualitative and descriptive-analytic. Obtaining data by distributing questionnaires in the form of google form online to alumni. Data analysis techniques are data reduction, data analysis and drawing conclusions. The results of the analysis are in the form of a description of the situation under study in a narrative form. The results of this study indicate that: 1) not all learning methods play a major role in the three Department of Mechanical Engineering. 2) The types of companies where they work that have a close relationship with their respective fields are government agencies (including BUMN), private companies and entrepreneurs. 3) The competitiveness of mechanical engineering graduate is high when they get their first job. 4) Required competencies at graduation such as English, internet skills, knowledge of disciplines, research skills, and working with different cultures

 

                                                                                                 

Keywords: Tracer Study, Covid-19 Pandemic, Online Learning

References

[1] A. Emda, œLaboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah, Lantanida Journal, Vol. 2 No. 2, 2014.
[2] N. R. Aida, œMenkes Setujui PSBB DKI Jakarta: Berikut Pengertian, Syarat, dan Hal-hal yang Akan Dibatasi, 07 April 2020. [Online]. Available: https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/07/080758265/menkes-setujui-psbb-dki- jakarta-berikut-pengertian-syarat-dan-hal-hal-yang?page=1.. [Diakses 2020 May 28].
[3] N. A. Valentina Arkorful, œThe role of e-learning, the advantages and disadvantages of its adoption in Higher Education, International Journal of Education and Research , vol. 02, no. 12, pp. 397-410, 2014.
[4] F. a. A. O. o. t. U. Nations, œE-learning methodologies: A guide for designing and developing e-learning courses, FAO, Rome, 2011.
[5] A. D. A. Bambang Setia Budi, œReport Tracer Study ITB 2015, ITB Career Center, Bandung, 2015.
[6] P. P. K. L. Ahmed Al-Azawei, œBarriers and Opportunities of E-Learning Implementation in Iraq : A Case of Public Universities, September 2016. [Online]. Available: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1117462.pdf. [Diakses 5 Mei 2020].
[7] Y. H. Y. W. S. Stephanie Mayang, œEvaluasi Tracer Study Untuk Pembelajaran dengan Pendekatan Ergonomi Makro, Jurnal Teknik Industri, vol. 01, no. 04, pp. 284-288, 2013.
[8] S. &. Haidir, Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis, Jakarta: Kencana, 2019.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles
Abstract views: 372 , PDF Downloads: 346