STRATEGI MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TEKNIK MESIN DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Muamar Zainul Arif Universitas Negeri Surabaya
  • Soeryanto Soeryanto Universitas Negeri Surabaya
  • Yunus Yunus Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v3n1.p1-8

Abstract

ABSTRAK

Kemandirian belajar menjadi faktor penting dalam implementasi pembelajaran daring di perguruan tinggi. kemandirian belajar adalah kemampuan seseorang dalam mewujudkan keinginannya secara nyata tanpa bergantung dengan orang lain, memiliki tanggung jawab sendiri, dan dapat menentukan belajar yang efektif. Kemandirian belajar akan mendorong mahasiswa untuk berprestasi dan berkreasi. Mahasiswa yang memiliki sikap mandiri akan lebih berani memutuskan hal-hal yang berkenaan dengan dirinya, mampu berinisiatif, dan mengembangkan kreativitas serta memotivasi untuk mendapatkan yang terbaik dalam belajarnya. Bertanya merupakan teknik pembelajaran yang paling umum digunakan oleh dosen dalam proses pembelajaran, ini dikarenakan pertanyaan merupakan pemandu untuk mengarahkan mahasiswa memahami topik topik pembelajaran, juga membantu menunjukan koherensi antara unit-unit dalam pembelajaran. Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) merupakan pola pembelajaran yang memfokuskan pada pemberdayaan penalaran mahasiswa melalui pertanyaan, tidak ada proses pembelajaran yang berlangsung secara informatif, seluruhnya dilakukan melalui rangkaian atau jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis dalam lembar-lembar PBMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini tergolong penelitian quasy ekperiment dengan menggunakan rancangan intact group comparasion. Data kemandirian belajar menunjukan Secara keseluruhan terdapat berbedaan pada semua aspek kemandirian belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis uji-t juga menunjukan PBMP berpengaruh lebih baik terhadap kemandirian belajar mahasiswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan PBMP.

 

Kata Kunci:Pembelajaran daring, PBMP, kemandirian belajar.

 

ABSTRACT

Self regulated learning  is an important factor in the  implementation of online learning in higher education. Self regulated learning is a person's ability to manifest his desires  in a real way without control with others, has his own responsibility , and can  determine effective learning. Self regulated learning  will encourage students to excel and be creative . Students who have an independent attitude will be more willing to decide things related to themselves , be able to take initiatives , develop creativity and motivate them to get the best in their studies. Asking is the most common learning technique used by lecturers in the learning process, because questions are helpful for understanding students in understanding the topics of learning topics, as well as helping to show coherence between units in learning. Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) is a learning pattern that is focused on empowering student reasoning through questions, there is no learning process that takes place  informatively, it is all done  through a series or thread of questions that have been compiled in writing on TEQ sheets. This study aims to develop students' learning independence. This type of research is classified as a quasy experiment research using a complete group design. Self regulated learning  data shows that overall  there are differences in all aspects of the independent learning in the experimental class and the control class. The results of the t-test analysis also  show that (TEQ) has a better effect on self regulated learning  than learning that does not use TEQ

 

Keywords: Online learning, TEQ, self regulated learning.

References

[1] Arikunto, S, œProsedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,, edisi ke VI, Jakarta, Indonesia,2006, hal. 225.

[2] Corebima, A.D, œBerdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Demi Masa Depan Kita, makalah presentasikan di Seminar Nasional Optimalisasi Sains untuk Memberdayan Manusia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia, 16 Januari 2010.

[3] Hidayati, K., Listyani, E. (2010). œPengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa,. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan FMIPA UNY, vol 3, no.1, hal 35-38, Maret. 2010.

[4] Ibrahim, M, œPembelajaran Kooperatif, edisi ke-1, Surabaya, Indonesia, 2005, hal. 55.

[5] Keputusan Bersama 4 Menteri Nomor 01/KB/2020 tanggal 15 Juni 2020 tentang Panduan Penyeleng-garaan Pembelajaran pada Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

[6] Maghfiroh, Faridatul, œKemandirian Dan Atensi Siswa Yang Diajar Menggunakan Group Investigation Terintegrasi Power Teaching Dalam Mata Pelajaran Biologi, tesis, magister, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia, 2014.

[7] Mujisuciningtyas, Nunuk, œPengaruh Kemandirian Belajar dan Sarana Prasarana Pembelajaran Ter-hadap Hasil Belajar Praktik di SMK Negeri 2 Tuban, tesis magister, Program Pasca Sarjana, Universi-tas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia, 2014.

[8] Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Gasal 2020/2021 di Perguruan Tinggi, edisi ke-1, Dirjen Dikti Kemendikbud, Jakarta, Indonesia, 2020, hal. 3.

[9] Parta, I.N, œPengembangan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahaiswa Calon Guru Melalui Pengajuan Pertanyaan, disertasi doctor, Program Pasca Sarjana, Uni-versitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia, 2009.

[10] Rahinawati, Y, œPengembangan Perangkat Pembelajaran Model Siklus Belajar dengan Strategi Pem-berdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) pada Pembelajaran Kimia, tesis magister, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia, 2012.

[11] Tahar, Irzan. (2006). œHubungan Kemandirian Belajar dan Hasil BelajarPada Pendidikan Jarak Jauh,. Jurnal Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Vol. 7 Nomor 2, hal. 91-101, September. 2006.

[12] Tirtarahardja, dan S.L. Sulo, œPengantar Pendidikan, edisi ke-1, Jakarta, Indonesia, 2005, hal. 50.

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 657 , PDF Downloads: 834