UPAYA PENINGKATAN GREEN SKILLS PADA PEMBELAJARAN VOKASI MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT CITIZEN

Authors

  • Diplan Diplan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Muhammad Noor Fitriyanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Pribadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p11-17

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengenai upaya meningkatkan green skills menggunakan model project citizen. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik SMK Muhammadiyah Palangka Raya dan SMKN 1 Palangka Raya kelas XI. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu memilah sampah sesuai dengan jenis limbahnya. Pada saat proses pembelajaran menggunakan model project citizen ini mengalami beberapa hambatan seperti menyesuaikan keadaan pembelajaran daring akibat covid 19 yang sedang melanda seluruh komponen pendidikan sekarang, kesulitan dalam menjelaskan kepada peserta didik yang belum mampu menggunakan kelas online. Hal lainnya saat pelaksaan adalah perlu penjelasan lebih dalam kepada peserta didik dalam mengidentifikasi masalah green skills, menerangkan solusi dalam menerapkan green skills, dan upaya menerapkan green skills kepada peserta didik saat melakukan praktikum di laboratorium atau bengkel. Pada penelitian ini terjadi peningkatan green skills dalam aspek kemampuan memilah limbah, kemampuan analisis biaya, dan kemampuan meolah produk yang akan dibuat dengan limbah bekas. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang sudah dipaparkan dimana dari masing-masing siklus dari siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan dalam aspek pengelolaan limbah dengan skor 82 (baik), kemampuan membuat produk dari bahan bekas dengan skor 3,7 (sangat baik) dan kemampuan mengalisis biaya produksi dari produk yang akan dibuat dengan skor 3,70 (sangat baik) terkait dengan green skills pada praktikum peserta didik.                                                                                                                

 

Kata Kunci: Keterampilan Peduli Lingkungan, Model Project Citizen, Penelitian Tindakan Kelas

 

ABSTRACT

This research is about efforts to improve green skills using the project citizen model. The method used is Classroom Action Research (CAR). The subjects of the study were students of SMK Muhammadiyah Palangka Raya and SMKN 1 Palangka Raya in class XI. The results of this study indicate that the planning carried out in this study is to sort waste according to the type of waste. At the time of the learning process using the project citizen model experienced several obstacles such as adjusting the state of online learning due to covid 19 which is currently engulfing all components of education, difficulty in explaining to students who have not been able to use online classes. Another thing when implementing is the need for deeper explanation to students in identifying green skills problems, explaining solutions in applying green skills, and efforts to apply green skills to students when practicing in a laboratory or workshop. In this study an increase in green skills in the aspects of the ability to sort waste, the ability to analyze costs, and the ability to process products that will be made with used waste. This can be seen from the results that have been described where from each cycle from cycle I to cycle III increased in aspects of waste management with a score of 82 (good), the ability to make products from used materials with a score of 3.7 (very good) and the ability to analyze the production costs of the product to be made with a score of 3.70 (very good) related to green skills in students practicum.

                                                                                                 

Keywords: green skills, project model of citizen, classroom action research

References

[1] Byram, H.M. & Wenrich, R.C. (1956). Vocational Education and Practical Arts in the Community School. New York: The Macmillan Company.
[2] Council of Australian Governments. (2008). Green Skills as an Added Value Element in Producting Competent Student. Retrieved from http://www.coag.gov.au/node/90
[3] Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Ban-dung: Pedagogiana Press. Hal. 1285-1300.
[4] Elliot, J. (1991). Action Research For Educational ChangeDeveloping Teachers and Teach-ing.University Press. Philadelphia.
[5] Mulyasa, (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung: Angkasa.
[6] Pavlova. (2011). Economic competitiveness and green skills development: Issues and concerns for re-search. Presented at the intenational conference, Seoul Korea.
[7] Sudira, putu. (2016). TVET Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vocational. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 487 , PDF Downloads: 2263