PRAKTIK SOSIAL PADA PEREMPUAN ORGANISATORIS DI LINGKUNGAN KAMPUS: STUDI PADA MAHASISWA SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Penulis

  • Irman Laia Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Ridwan Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Partisipasi perempuan dalam berbagai organisasi kemahasiswaan merupakan fenomena sosial yang mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan kampus. Selama ini, aktivitas organisatoris sering didominasi oleh laki-laki, namun kondisi tersebut secara perlahan mengalami perubahan dengan semakin kuatnya representasi perempuan dalam berbagai bidang kepemimpinan. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran strategis dalam membentuk praktik sosial mahasiswa, terutama mahasiswa perempuan yang aktif dalam organisasi. Perbedaan konteks budaya antar organisasi kampus mahasiswa sosiologi Unesa dengan UTM menjadi faktor menarik untuk mengeksplorasi bagaimana praktik sosial perempuan organisatoris terbentuk dan dimaknai. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif penelitian dilaku kan dengan wawancara mendalam kepada mahasiswa perempuan yang sedang bergabung dalam organisasi kemahasiswaan dari prodi sosiologi untuk memperoleh data dan informasi yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana keseteraan pada perempuan dalam lingkup organisasi kampus dengan dua instasi yang berbeda. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara praktis dan teoritis bagi pembaca dan public.

Kata kunci: Perempuan, Organisatoris, Organisasi, Kemahasiswaan.

Referensi

Astuti, N. (2019). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlibatan Perempuan Dalam Organisasi Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Tinggi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2021). “Laporan Tahunan Tentang Keterlibatan Perempuan Di Perguruan Tinggi”.

Rahmawati, D. (2022). “Pengalaman Perempuan Dalam Organisasi Kampus Di Universitas Gadjah Mada”. Jurnal Ilmu Sosial.

Sari, R., & Prabowo, A. (2020). “Peran Perempuan Dalam Organisasi Kemahasiswaan Di Jawa Tengah”. Jurnal Gender Studies.

Setiawan, B., et al. (2023). “Mentoring sebagai Sarana Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Organisasi Kampus”. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-01

Cara Mengutip

Laia, I., & Ridwan, A. (2025). PRAKTIK SOSIAL PADA PEREMPUAN ORGANISATORIS DI LINGKUNGAN KAMPUS: STUDI PADA MAHASISWA SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA DENGAN MAHASISWA UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA . LENTERA: JOURNAL OF GENDER AND CHILDREN STUDIES, 5(1), 351–360. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOFC/article/view/37923
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 7