SUPERVISI PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT MEMPERKUAT POSISI PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN

Penulis

  • Arini Dwi Cahyani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/lentera.v4i2.32354

Kata Kunci:

Kata Kunci: Supervisi Pendidikan; Pendidikan; Perempuan; Kesetaraan; Pendidikan Inklusif.

Abstrak

Perempuan kurang mendapatkan kesempatan untuk promosi dan pengembangan karir yang sama seperti rekan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi supervisi pendidikan dapat digunakan secara strategis untuk memperkuat posisi perempuan dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di As-Salam Kabupaten Pasuruan. Waktu penelitian selama 3 Bulan, yaitu Maret-Mei 2024. Subjek penelitian yaitu, pendidik/guru perempuan dan kepala PKBM As-Salam Kabupaten Pasuruan. Teknik pengambilan data, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi pendidikan memberikan dukungan emosional, meningkatkan kompetensi, dan memperluas kesempatan karir bagi guru perempuan. Pengembangan praktik inklusif, pemberian dukungan moral, dan pengurangan ketidaksetaraan gender menjadi temuan utama dalam penelitian ini. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memperkuat peran supervisi pendidikan dalam mendukung kesejahteraan dan pemberdayaan guru perempuan dalam pendidikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperkuat supervisi pendidikan dalam mendukung pemberdayaan perempuan pada pendidikan kesetaraan, serta menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan adil bagi semua individu. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih inklusif dan berkeadilan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-22

Cara Mengutip

Cahyani, A. D. (2024). SUPERVISI PENDIDIKAN SEBAGAI ALAT MEMPERKUAT POSISI PEREMPUAN DALAM PENDIDIKAN. LENTERA: JOURNAL OF GENDER AND CHILDREN STUDIES, 4(2), 265–285. https://doi.org/10.26740/lentera.v4i2.32354
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 68