PENGARUH MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK TADIKA PURI SURABAYA

Penulis

  • Nindiya Restu ningtyas Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Hasibuan Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Kemampuan bahasa adalah salah satu kemampuan yang penting dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Latar belakang penelitian ini adalah karena rendahnya kemampuan berbahasa anak pada sekolah tersebut. Maksud dari penelitian ini agar mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan buku bergambar terhadap kemampuan bahasa anak. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment design  dengan teknik rancangan one-group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan statistic non parametrics, sedangkan uji jenjang menggunakan Wilcoxon  dengan rumus thitung < ttabel. Jika thitung < ttabel maka penelitian ini seignifikan. Hasil dari analisis uji Wilcoxon diperoleh thitung = 0 < ttabel = 35. Jika nilai thitung < ttabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 0<35, maka Ha deiterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku bergambar berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK Tadika Puri Surabaya.

 

Kata kunci: Media Buku Bergambar, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-01
Abstract views: 180 , PDF Downloads: 213