PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERMATA BUNDA SURABAYA

Penulis

  • Zakia Tiffani Ilmawati UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Sri Setyowati Universitas Pendidikan Indonesa

Abstrak

Metode demonstrasi ialah metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana berjalannya suatu proses pembentukan tertentu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian metode deskriptif studi kasus ini bertujuan untuk lebih mendalami dan menggambarkan kondisi yang terjadi pada lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Permata Bunda Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil penerapan metode demonstrasi pada perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Permata Bunda Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kurangnya penerapan metode demonstrasi dapat menciptakan suasana pembelajaran yang tidak kondusif, sehingga sangat berpengaruh pada perkembangan ketermpilan anak. Adapun dampak yang dapat diperoleh anak dapat dilihat pada hasiln kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menegaskan bahwa penerapan metode demonstrasi yang diberikan oleh guru yang meliputi perencanaan, proses dan kegiatan untuk melatih kemampuan motori k halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Permata Bunda Surabaya membutuhkan kesatuan yang terikat antara berbagai elemmnya.

 

Kata kunci: Metode Demonstrasi; Motorik Halus

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-01
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 109