SENSUALITAS DALAM KONTEN “YOUTUBE’S GOT TALENT” PADA CHANNEL SKINNYINDONESIAN24

Penulis

  • Syifa Syarifah Alamiyah Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN Veteran Jawa Timur

Abstrak

Youtube merupakan salah satu media baru yang banyak diakses oleh masyarakat. Dalam perkembangannya, Youtube memungkinkan penontonnya menjadi, producer sekaligus consumer. Hal ini mengakibatkan bermunculannya content creator baru yang hanya berorientasi mencari keuntungan, salah satunya dengan membuat konten yang mengandung unsur sensual. Hal ini menuai kritikan dari content creator yang sudah lebih dahulu berkarya di Youtube, salah satunya adalah SkinnyIndonesian24. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana SkinnyIndonesian24 mengemas kritik sensualitas melalui konten “Youtube’s Got Talent”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dianalisis menggunakan CDA model Norman Fairclough. Pada tahap text, kritik sensualitas ditemukan pada anak kalimat, kombinasi anak kalimat, relasi, serta identitas pembuat konten yang berusaha ditampilkan. Pada tahap discourses analysis, teks diteliti dengan menilik si pembuat konten dan bagaimana upaya menampilkan sebuah realita pada konten tersebut. Pada tahap sociocultural practice, teks diteliti dengan melihat faktor eksternal yang mempengaruhi pemaknaan terhadap sesuatu di masyarakat. Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah konten sensualitas dijadikan alat untuk menaikkan popularitas bagi beberapa content creator di Youtube. Realita dalam konten tersebut menggambarkan antusiasme netizen yang sesungguhnya dalam mengkonsumsi konten yang mengandung unsur sensualitas. Pengemasan konten sensualitas yang tidak bijak hanya berujung pada naiknya popularitas dan penurunan kualitas konten di Youtube.


Kata Kunci: Youtube ; Sensuality ; Content Creator ; Critical Discourses Analysis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-01
Abstract views: 40 , PDF Downloads: 34