Penggunaan Metode Teknik Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IX.F SMPN 33 Surabaya Materi Benua dan Samudra di Bumi

Authors

  • Juliastuti Juliastuti SMPN 33 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p133-151

Keywords:

Teknik Jigsaw, Prestasi Belajar, IPS

Abstract

 

Abstrak

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif type jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IX.F SMP Negeri 33 Surabaya Kota Surabaya pada mata pelajaran IPS semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 33 Surabaya Kota Surabaya.

Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif type jigsaw pada pelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IX.F SMP Negeri 33 Surabaya Kota Surabaya T.A 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran mata pelajaran IPS pada peserta didik Kelas IX.F, (2). Mengetahui dan mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS dengan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru, (3). Mengetahui dan mendeskripsikan dampak penggunaan strategi pembelajaran dengan teknik jigsaw terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS pada peserta didik Kelas IX.F.

Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada observasi siklus I dari 34 orang peserta didik diperoleh bahwa 15 orang peserta didik 45.71% yang telah tuntas dengan baik, dan sebanyak 19 orang peserta didik 54.29% yang belum tuntas dengan nilai rata rata 64.00. Kemudian pada siklus II prestasi belajar peserta didik meningkat menjadi 34 orang 100% yang telah tuntas dengan rata rata 80,00%.

 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif type jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran IPS materi Benua dan Samudra di Bumi di kelas IX.F. Oleh karenanya guru perlu meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif type jigsaw sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pelajaran IPS khususnya materi Benua dan Samudra di Bumi.

 

Abstract

Issues examined in this study is apakakah by using cooperative learning jigsaw type can improve learning achievement IX.F grade students of SMP Negeri 33 Surabaya Surabaya in social studies second semester in the academic year 2012/2013. The location of this research in SMP Negeri 33 Surabaya Surabaya.

The hypothesis of this research is to use cooperative learning method jigsaw type in social studies can improve the performance of learners class IX.F SMP Negeri 33 Surabaya Surabaya T.A 2012/2013. The purpose of this study were (1). Knowing and describe the process of learning social studies in Grades IX.F learners, (2). Know and to describe achievements of learners in social studies with learning strategies used by the teacher, (3). Know and to describe the impact of the use of learning strategy and jigsaw techniques on the learning achievement in social studies classes of learners IX.F.

Based on the analysis of data obtained in the observation that the first cycle of 34 students found that 15 votes 45.71% of learners who have completed well, and as many as 19 students who have not completed 54.29% by value - average 64.00. Then in the second cycle of learning achievement of students increased to 34 people who have completed 100% with the average - average 80.00%.

It can be concluded that the use of cooperative learning method jigsaw type can improve learning achievement of students in social studies materials continent and the ocean on the Earth in the classroom IX.F. Therefore, teachers need to improve their teaching skills by using cooperative learning jigsaw type as one of the efforts to improve learning achievement of students in social studies material in particular continent and ocean on Earth.

References

Arifin, I. 1998. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Madrasah Ibtidaiyauh dan SMP Berpretasi. Desertasi Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana IKIP Malang
Arikunto, S. 2001 Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara
Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di sekolah. Desertasi Tidak Dipublikasikan. Program Pascasarjana IKIP Malang
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. 1982. Qualitative Research In Educution. Boston: Allyn & Bacon
Depdikbud, (1990). Peraturan Pelaksanaan Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Armas Duta Jaya.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Miles, M. B., & Hubermen, A.M. 1984. Analisis Data Qualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta
Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturulistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito
Nurhadi, & Senduk, G., A., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Patton, Q. M. 1980. Qualitative Evaluations Methods. London: Sage Publications
Purwanto, Ngalim, M. 1995. llmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Edisi Kedua. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Fuskur, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang Depdiknas
Santoso, B. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Jenjang SMP. Interpretasi Kegiatan Belajar Mengajar. Forum Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 4 No. 3 & 4:15-24
Sidi, Djati, I. 2001. Menuju Masyarakat Belaja. Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Radar Jaya Offset.
Spradley, J., P. 1980. Participant Observation. New York: Holt, Rinehart and Winston
Sukmadinata, N.S. 2001. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Juliastuti, J. (2017). Penggunaan Metode Teknik Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IX.F SMPN 33 Surabaya Materi Benua dan Samudra di Bumi. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(2), 133–151. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p133-151
Abstract views: 386 , PDF Downloads: 1405