Pengaruh Teknik Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Permasalahan Sosial

Authors

  • Achmad Deny Ludfi Universitas Negeri Jember
  • Muhtadi Irvan Universitas Negeri Jember
  • Chumi Zahroul F Universitas Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p107-112

Keywords:

teknik snowball throwing, hasil belajar, penelitian eksperimental.

Abstract

 

Abstrak

Snowball throwing merupakan salah satu pembelajaran aktif (active learning) yang dalam pelaksanaannya banyak melibatkan siswa. Teknik snowball throwing, secara harfiah dalam kamus bahasa Indonesia snowball berarti bola salju sedangkan throwing berati melempar. Dalam artian yang sesungguhnya gumpalan kertas yg seperti bola dan di dalam nya berisi pertanyaan yang dibuat oleh orang lain teman ataupun guru. Bisa dikatakan bahwa snowball throwing merupakan modifikasi teknik bertanya menitik beratkan pada kemampuan membuat pertanyaan yang dikemas dalam sebuah permainan menarik yaitu saling melemparkan bola salju yang berisi pertanyaan kepada sesama teman. Tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik snowball throwing terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan permasalahan sosial pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental dengan pola pre- test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode tes yang berupa tes obyektif pada pre-test dan post-test. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA dan kelas IVB SDN Sumbersari 03 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 . Hasil analisis dengan rumus uji-t diperoleh thitung= 6,484 dengan keefektifan relative sebesar 88,34%. Hasil perhitungan uji-t di konsultasikan dengan t -tabel pada db = 64, taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai t -tabel = 1,998; dapat diketahui bahwa t-hitung > t-tabel ( 6,484 > 1,998), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di SDN Sumbersari 03 Jember tahun pembelajaran 2015/2016.

 

         

Abstract 

Snowball throwing is one of active learning which in practice involves many students. Technigne snowball throwing, Indonesian dictionary means to throw snowballs. In a real sense, it means that crumpled paper ball and contains lists of questions made by pears or teachers. It could be said that the snowball throwing is a modification of the technique focuses the ability to ask a question that is packaged in an exciting game that is hurling snowballs containing questions to peers . The purpose of reseash is to determine the effect of applying snowball throwing technique to the learning outcomes of IPS subject on social issues to the fourth grade students of SDN 03 Jember Sumbersari second semester of school year 2015-2016. This type of research is experimental research with pre-test pattern posttest control group design. The data usid the test method in the form of objective tests on pre-test and post-test. The research subjects are students of class IV which consists of class IVA and IVB grade SDN 03 Sumbersari Jember. Test scores of students the pre- test and post-test were analyzed by t-test collection SPSS version 14.00. The results of the analysis of the t-test formula was t = 6.484 with relative effectiveness of 88.34%. The results of the t-test calculation consultion t-table on db = 64, 5% significance level, in order to obtain t-table value = 1.998; it can be seen that t count> t-table (6.484> 1.998), so that it can be concluded that there is was effect snowball throwing technique of the learning outcomes of fourth grade students in the subject of social problems SDN Sumbersari 03 Jember learning year 2015/2016.

 

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan XIII. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Aktif. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kontesa. 2012. Pengaruh Teknik Snowball Throwing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNEJ.

Lutfi. 2015. Pengaruh Teknik Snowball Throwing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNEJ.

Masyhud, S. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Renada Media Group.

Sumaatmadja, N 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta: UT.

Woolfok, A.E., dkk. 2009. Educational Psychology Active Learning. Edisi Bahasa Indonesia. Terjemah Helly Prayitno S. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Woronitalia. 2011. Perbedaan Hasil Belajar Siswa antara Pembelajaran Konvesional dan Teknik Snowball Throwing. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNEJ.

Zahroul, R. dan Mardiati. 2011. Kajian IPS SD. Jember: Universitas Jember.

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Ludfi, A. D., Irvan, M., & Zahroul F, C. (2017). Pengaruh Teknik Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Permasalahan Sosial. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p107-112
Abstract views: 966 , PDF Downloads: 478