SAMPUR DALAM PERTUNJUKAN TAYUB (TINJAUAN FUNGSI DAN MAKNA)

Authors

  • Eko Wahyuni Rahayu Universitas Negeri SUrabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap fungsi dan makna keberadaan
sampur dalam pertunjukan tayub. Tayub adalah pertunjukan tari tradisional bertema pergaulan, yang eksistensinya tersebar di berbagai daerah terutama di Jawa. Pertunjukan tayub berwujud tari berpasangan antara laki-laki dan perempuan yang menempatankan sampur sebagai properti utama. Keberadaan sampur dalam pertunjukan tayub sebagai sebuah properti tari tidak sekedar berfungsi pelengkap atau pendukung konstruksi gerak tari, tetapi justru lebih memiliki fungsi simbolik yang memiliki makna kompleks.
Kata kunci: sampur, tayub, fungsi, makna.

References

Soedarsono, R.M. 1999. Seni
Pertunjukan Indonesia dan
Pariwisata. Bandung:
Masyarakat Seni Pertunjukan
Indonesia.
Suharto, Ben. 1991. Ĺ“Pengamatan Tari
Gambyong Melalui Pendekatan
Berlapis Ganda, dalam Seni
Pertunjukan Indonesia (Jurnal
Masyarakat Musikologi
Indonesia) Tahun II No. 2 1991.
Tim Penyusun. 1996/1997. Ensiklopedi
Seni Musik dan Seni Tari
Daerah (Laporan Penelitian dan
Pencatatan Kebudayaan Daerah
Jawa Timur). Surabaya: Dinas P
dan K Propinsi Daerah Tingkat I
Jatim.
Widyastutieningrum, Sri Rochana.
2004. Sejarah Tari Gambyong:
Seni Rakyat Menuju Istana.
Surakarta: Citra Etnika.
_______
. 2005. Ĺ“Peran Penari
Perempuan Dalam Tari Tayub di
Blora Jawa Tengah: Sebah
Pendekatan Etnokoreologi,
dalam Waridi, Bambang
Murtiyoso (editor), Seni
Petunjukan Indonesia,
Menimbang Pendekatan Emik
Nusantara. Surakarta: Program
Pendidikan Pascasarjana STSI
bekerjasama dengan The Ford
Fondation.

Downloads

Published

2018-10-24
Abstract views: 1730 , PDF Downloads: 8525